Kementerian Agama (Kemenag) Baru Menentukan Idul Fitri 1 Syawal 1437 H pada 4 Juli 2016

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Sidang Itsbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama yang mewakili pemerintah dengan ormas Islam, dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, dan hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama. Sidang Itsbat akan dimulai pada pukul 17.00 WIB dengan diawali pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat terkait posisi hilal menjelang awal Syawal 1437 H.

Hasil dari rukyatul hilal dan data hisab terkait posisi hilal awal Syawal 1437 H akan dimusyawarahkan dalam sidang tersebut dan kemudian diambil keputusan oleh pemerintah. Sidangnya akan dilaksanakan secara tertutup seperti Itsbat awal Ramadan, dan hasilnya akan disampaikan secara terbuka usai sidang. Kementerian Agama baru akan melakukan sidang Itsbat untuk menentukan 1 Syawal 1437 H atau Idulfitri pada 4 Juli 2016.

Sidang Itsbat yang dilakukan di Kantor Kementerian Agama akan menentukan kapan Ramadan berakhir berdasarkan hisab dan rukyat yang dilakukan. Kementerian Agama akan menurunkan sejumlah tim pemantau hilal Syawal 1437 H di seluruh provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Foto Gambar Meme Tunjangan Hari Raya (THR) di Instagram Path dan Twitter Lucu

Tim tersebut berasal dari petugas Kantor Wilayah Kementerian Agama yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, serta ormas Islam. Dewan Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat mengenai penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal serta Zulhijah 1437 Hijriah. Hari raya Idul Fitri menurut penetapan hisab Muhammadiyah akan jatuh pada Rabu 6 Juli 2016. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply