Foto Profil Fethullah Gulen Ulama Turki Dituding Dalang Kudeta Gagal

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Pada hari Sabtu, 16 Juli 2016 sekelompok tentara berusaha mengambil alih kekuasaan pemerintah Turki. Ulama bernama Fethullah Gulen dituding sebagai dalang di balik upaya kudeta tersebut. Gulen merupakan ulama Turki yang kini menetap di Saylorsburg, Pennsylvania, Amerika Serikat. Fethullah Gulen, pria 75 tahun tersebut meninggalkan tanah airnya pada 1999. Di Turki, Fethullah Gulen memiliki pengikut setia yang dikenal sebagai Gulenist.

Pengikut Gulen kebanyakan merupakan masyarakat Turki yang berpendidikan dan profesional. Mereka menganut gerakan Hizmet yang mendukung aliran Sunni. Gerakan Hizmet banyak mendanai organisasi non-pemerintah di Turki. Dana dialirkan ke ratusan sekolah sekuler, pusat pelatihan gratis, serta rumah sakit untuk mengentaskan masalah sosial di sana. Beberapa sukarelawan gerakan tersebut juga memiliki stasiun televisi, koran dengan sirkulasi terbesar, tambang emas, dan paling sedikit satu bank.

Fethullah Gulen dan pengikutnya juga membangun jaringan sekolah dan universitas yang beroperasi di lebih dari seratus negara. Di Amerika, kerajaan akademik tersebut termasuk Harmony Public School, sekolah dengan kategori charter school terbesar di Texas. Charter school merupakan sekolah dengan biaya terjangkau tapi bukan milik pemerintah.

Baca Juga: Kronologi Foto Profil Datta Phuge Manusia Emas dari India Tewas Dibunuh

Namun pendukung Fethullah Gulen dari Alliance for Shared Values on Development in Turkey juga membantah keterlibatan Gulen melalui keterangan tertulis. Mereka menuturkan Fethullah Gulen dan partisipan Hizmet mendedikasikan komitmen mereka untuk kedamaian dan demokrasi selama lebih dari 40 tahun. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply