Alasan Penyebab Anies Baswedan Diganti Dicopot Dari Menteri Pendidikan

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Mendikbud Anies Baswedan dicopot jabatannya dan digantikan oleh Prof Muhajir Effendy, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang. Reshuffle Kabinet Kerja Presiden Jokowi Jilid 2, khususnya perombakan untuk jabatan menteri pendidikan ini membuat penasaran masyarakat Indonesia. Mengapa Anies Baswedan dicopot dari jabatannya sebagai Mendikbud. Ada beberapa penyebab penting dipecatnya Anies Baswedan dari Jabatan Mendikbud.

Anies Baswedan menyambut baik atas perombakan kabinet jilid II ini. Hal ini diketahui setelah Presiden memanggil belasan menteri terkait. Presiden Jokowi melakukan pengumuman resmi resuffle menteri di Istana Negara, para pejabat di kalangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berkumpul di ruang kerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Pertemuan berlangsung tertutup. Anies Baswedan belum bersedia memberikan pernyataan hingga proses pelantikan menteri baru selesai dilakukan di Istana Negara.

Anies Baswedan dicopot karena terkait dengan Pemilu 2019. Anies disebut berpotensi menjadi penantang para calon presiden di Pilpres 2019. Muhajir dianggap sebagai pribadi‎ yang memiliki rekam jejak dan pengalaman mumpuni di bidang pendidikan, sehingga akan lebih unggul kinerjanya. Selain itu, sosok Muhajir sebagai Orang penting Muhammadiyah juga bisa memperlancar program berbagi jatah jabatan menteri.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Archandra Tahar Twitter Menteri ESDM Baru RI

Langkah Anies Baswedan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terhenti. Hasil reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Jokowi menyingkirkannya dari kursi menteri, digantikan Muhadjir Effendy. Sebelum menyerahkan jabatannya, Anies menulis sepucuk surat yang ditujukan kepada para guru di Indonesia. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply