Video Foto Kerusuhan di Vihara Tanjung Balai Sumut Juli 2016 Konflik Agama SARA

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Kabar mengejutkan terjadi saat kerusuhan terjadi di Tanjung Balai, Sumatera Utara. Sebanyak 12 vihara dan rumah sosial dirusak dan dibakar warga pada hari Sabtu 30 juli 2016 dinihari. Tidak hanya itu, bentrok juga mengakibatkan 8 unit mobil dibakar massa. Tak ada korban jiwa akibat kejadian. Namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Kejadian itu berawal setelah terjadi pertengkaran seorang warga Tionghoa dan warga Muslim di Jalan Karya Kota, Tanjung Balai tentang volume azan yang begitu kuat di Masjid Al Maksum. Tak terima sikap itu, sekitar pukul 00.45 WIB, ratusan warga membakar vihara di Tanjung Balai. Kerusuhan bernuansa SARA ini diduga turut dipengaruhi postingan di media sosial.

Sekitar pukul 20.00 Wib, setelah selesai salat Isya, jemaah dan nazir masjid menjumpai seseorang ke rumahnya. Pukul 22.30 Wib massa kembali berkumpul karena diduga telah mendapat informasi melalui media sosial ( Facebook) yang diposting salah seorang warga. Selanjutnya massa kembali mendatangi rumah seseorang di Jalan Karya. Mereka hendak membakar namun dilarang warga sekitar.

Baca Juga: Download Update Pokemon Go Versi Terbaru Agustus 2016

Karena massa sudah semakin banyak dan semakin emosi, selanjutnya massa bergerak menuju Vihara. Upaya pembakaran dihadang personel Polres Tanjungbalai, namun terjadi pelemparan menggunakan batu sehingga vihara mengalami kerusakan. Selanjutnya massa bergerak melakukan tindakan pembakaran dan pengerusakan di sejumlah vihara dan klenteng di Tanjung Balai. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply