Apa Itu Program Full Day School Ide Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan (Mendikbud) Baru

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya gagasan penambahan jam sekolah yang dilontarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menuai berbagi kritikan dari masyarakat. Kemendikbud sedang mengkaji penambahan jam sekolah. Berbagai masukan dari masyarakat, akademisi, dan pakar akan diolah, termasuk kesiapan guru dan infrastruktur sekolah.

Gagasan kasar penambahan jam sekolah untuk menjembatani kekosongan antara jam pulang siswa dan orang tua ke rumah. Rentang waktu tersebut menjadi celah datangnya pengaruh buruk bagi anak. Selama perpanjangan waktu di sekolah si anak mengikuti kegiatan menyenangkan tapi mendidik. Dalam praktiknya nanti, sekolah akan membuat nyaman si anak. Diharapkan sekolah menjadi rumah kedua bagi siswa.

Indonesia diyakini belum siap menerapkan gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy tentang sekolah sepanjang hari (full day school) untuk SD dan SMP negeri maupun swasta‎. Baru di kota besar yang mungkin bisa menjalankan full day school. Gagasan full day school cocok diterapkan di Singapura, Malaysia dan negara lain yang sudah maju.

Baca Juga: Posisi & Nomor Punggung Paul Pogba di Manchester United (MU) 2016

Pertama tingkat kesibukan kedua orangtua sangat tinggi, karena keduanya bekerja di luar rumah untuk menopang kehidupan ekonomi keluarga. Sehingga lebih baik kalau anak lebih lama di sekolah ketimbang di rumah yang tidak ditemani oleh siapapun. Tingkat kehidupan ekonomi keluarga sudah memadai, sehingga mampu memberi dana yang cukup kepada putera-puterinya jika full day school. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply