Foto Profil Biografi Adi Sasono Meninggal Dunia Mantan Menteri Koperasi & UKM

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Kabar duka datang dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia pada era Presiden B.J. Habibie, Adi Sasono meninggal dunia. Adi Sasono mengabdikan seluruh hidupnya untuk pemberdayaan rakyat. Adi Sasono menghabiskan seluruh hidupnya berkecimpung dalam dunia ekonomi kerakyatan.

Usai menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UKM, alumnus jurusan teknik sipil Institut Teknologi Bandung tersebut menjabat Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dari tahun 2005 hingga 2009. Lalu Adi Sasono menjabat sebagai Ketua Umum Koperasi Syariah 165, Ketua Umum Koperasi Ekonomi Rakyat Nusantara, Ketua Dewan pengawas Koperasi Selaras, dan jabatan penting lainnya. Adi Sasono dianggap berbahaya dan ditakuti karena kebijakan politik ekonominya, yaitu Ekonomi Kerakyatan, membuat khawatir para pelaku bisnis yang sudah mapan (konglomerat).

Sementara majalah the Economist dari Inggris menyebut Adi Sasono sebagai Robin Hood van Java. Atas jasanya Adi Sasono, mantan Sekretaris Jenderal Ikatan Pers Mahasiswa Indonesia (IPMI) itu mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden Indonesia sesuai Keppres No.076/TK/TH.1999, tanggal 13 Agustus 1999.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Rianti Arafah Depok Instagram SUCA 2 Indosiar 2016

Adi Sasono juga memperoleh penghargaan Upakarti yang diberikan oleh pemerintah Indonesia untuk pengembangan industri kecil pada tahun 1990. Oleh Lembaga Studi Pembangunan (LSP), Adi Sasono juga mendapatkan penghargaan Agha Khan Award karena menerapkan prinsip membangun tanpa menggusur terkait perencanaan dan pembangunan kota Samarinda. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply