Menteri ESDM Arcandra Tahar Resmi Diberhentikan Presiden Jokowi

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Beberapa saat yang lalu sejumlah pesan berantai melalui WhatsApp beredar di antara pekerja pers. Isinya mempertanyakan integritas Arcandra Tahar yang dinilai memiliki posisi penting di sektor ESDM, tetapi memiliki kewarganegaraan AS. Saat dilantik menjadi Menteri pada hari Rabu 27 Juli 2016, Arcandra Tahar sudah memegang paspor AS setelah melalui proses naturalisasi pada Maret 2012 dengan mengucapkan sumpah setia kepada AS.

Karena Indonesia belum mengakui dwikewarganegaraan, secara hukum, Arcandra Tahar dinilai sudah kehilangan status WNInya. Bahkan disebutkan, sebulan sebelum menjadi warga negara AS, Februari 2012 Arcandra Tahar mengurus paspor RI kepada Konsulat Jenderal RI di Houston, AS, dengan masa berlaku lima tahun. Tercatat, sejak Maret 2012, Arcandra Tahar melakukan empat kunjungan ke Indonesia dengan menggunakan paspor AS.

Namun saat Arcandra Tahar dilantik sebagai Menteri ESDM dia menggunakan paspor RI yang secara hukum sudah tak sah dipakainya. Terkait hal itu, Arcandra Tahar dinilai melanggar UU No 6/2011 tentang Keimigrasian, UU No 12/2006 tentang Kewarganegaraan, serta UU No 39/2008 tentang Kementerian Negara.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Gloria Natapradja Hamel Gagal Jadi Paskibraka Upacara di Istana Negara

Presiden Joko Widodo akhirnya memberhentikan dengan hormat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar pada hari Senin 15 Agustus 2016 malam. Pencopotan ini menyusul isu dwi-kewarganegaraan yang dimiliki Arcandra. Sebagai pengganti, Presiden Jokowi menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menko Kemaritiman sampai ada menteri ESDM definitif. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply