Video Apa Itu Suara Sonic Boom Ledakan Pesawat Jet di Solo Karanganyar 2016

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Beberapa saat yang lalu warga di Soloraya dikagetkan dengan suara dentuman cukup keras pada hari Selasa 30 Agustus 2016 siang. Warga mengira dentuman itu karena ada pesawat jatuh. Bahkan media sosial menyebut lokasi jatuh dan suara itu berasal di kawasan Kabupaten Karanganyar. Dentuman terdengar sekitar pukul 12.30 WIB.

Kapolres Karanganyar mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Lanud Adisoemarmo Solo untuk mengetahui asal suara dentuman itu. Menurut Kapolres, dari informasi yang diterima, ada pesawat F-16 dari Lanud Iswahjudi Madiun yang tengah latihan dan mengeluarkan suara melebihi kecepatan suara (sonic boom). Sonic Boom atau Gelombang Sonik adalah istilah bagi gelombang kejut di udara yang dapat ditangkap telinga manusia.

Istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk kepada kejutan yang disebabkan pesawat-pesawat supersonik. Saat pesawat terbang melebihi kecepatan suara, muncullah gelombang kejut pada bagian tertentu pesawat. Gelombang kejut ini merambat dalam bentuk kerucut dan bisa sampai ke permukaan tanah, membuat getaran dan terkadang memecahkan kaca-kaca.

Baca Juga: Foto Profil Gene Wilder Twitter “Willy Wonka” Meninggal Dunia Karena Sakit Alzheimer

Karena itu, pesawat supersonik biasanya tidak terbang di atas daerah berpenduduk. Di kasus pesawat F-16 di Landasan Udara (Lanud) Rumin, Desa Kapau, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, November 2015. Saat itu Sonic Boom juga membuat warga panik dan terkejut. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply