Video Foto Gambar Gerhana Matahari Cincin 1 September 2016 di Indonesia

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Gerhana matahari cincin merupakan fenomena alam yang terjadi secara berkala. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan jalur gerhana matahari cincin sejatinya bakal dapat diamati di Samudera Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar, dan Samudera Hindia.

Gerhana matahari sebagian, bukan gerhana matahari cincin, akan dapat diamati sebagian penduduk Pulau Jawa dan Pulau Sumatera pada Kamis, 1 September 2016. Namun menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Indonesia berada di luar jalur tersebut sehingga gerhana matahari cincin tidak bisa dilihat. Gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan hanya menutupi bagian tengah matahari sehingga terlihat seperti cincin.

Wilayah Indonesia termasuk bagian akhir dari bayangan gerhana matahari tersebut sehingga hanya terlihat tipis, itu pun tampak saat matahari tenggelam. Berdasarkan perhitungan BMKG, gerhana sebagian ini akan teramati dari 124 kota dan kabupaten di 10 provinsi. Yaitu Sumatera Barat bagian Selatan, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian Tenggara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian Barat.

Baca Juga: Daftar Lengkap Bursa Transfer Pemain Liga Inggris Italia Spanyol 2016/2017

Puncak gerhana akan pertama kali teramati di Seai, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada pukul 17:52 WIB. Akhir proses gerhana teramati paling awal di Talang Ubi, Sumatera Selatan, pada pukul 17:59 WIB dan paling akhir di Kepahiang, Bengkulu, pada pukul 18:06 WIB. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply