Bacaan Doa Niat Puasa Arafah 9 Dzulhijjah 2016 Jatuh Pada Hari Apa

0
B CumaBerita.com, Jakarta. Puasa Arafah adalah puasa pada Hari Arafah, yaitu hari kesembilan dari bulan Dzulhijjah. Puasa ini sangat dianjurkan bagi umat muslim yang tidak pergi haji. Di dalam hadits yang mulia ini terdapat dalil dan hujjah yang sangat kuat tentang waktu puasa Arafah, yaitu pada hari Arafah ketika manusia wuquf di Arafah.

Karena puasa Arafah ini terkait dengan waktu dan tempat. Bukan dengan waktu saja seperti umumnya puasa-puasa yang lain. Oleh karena puasa Arafah itu terkait dengan tempat, sedangkan Arafah hanya ada di satu tempat yaitu di Saudi Arabia di dekat kota Makkah. Bukan di Indonesia atau di negeri yang lainnya, maka waktu puasa Arafah adalah ketika kaum muslimin wuquf di Arafah.

Idul Kurban, Hari Raya Adha, Hari Raya Haji, atau Hari Raya Besar adalah hari raya Islam kembaran Idul Fitri. Ketika Nabi Muhammad SAW datang ke Madinah, di negeri hijrah itu telah ada tradisi semacam perayaan tahunan, satu tahun dua kali yang disebut Mahrajan.

Baca Juga: Video Foto Motif Alasan Perampokan di Rumah Pondok Indah Karena Apa

Oleh Kanjeng Nabi kedua perayaan itu diusulkan diganti dengan yang lebih baik. Itulah Idul Adha dan Idul Fitri. Jadi dari sudut perayaannya kedua hari raya itu memang boleh dikata merupakan semacam pesta rakyat. Pada hakikatnya pada hari raya ini kita diberi kesempatan untuk melakukan puja dan pujia tak lain hanyalah Allah SWT. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply