Definisi Apa Itu Hari Tasyrik Dalam Islam Haram Berpuasa Idul Adha

0
D CumaBerita.com, Jakarta. Waktu haram puasa adalah waktu di mana umat Islam dilarang berpuasa. Hikmahnya adalah ketika semua orang bergembira, seseorang itu perlu turut bersama merayakannya. Waktu haram berpuasa adalah berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri (1 Syawal). Berpuasa pada Hari Raya Idul Adha (10 Zulhijjah), berpuasa pada hari-hari Tasyrik (11, 12, dan 13 Zulhijjah).

Berpuasa pada hari yang diragukan (apakah sudah tanggal satu Ramadan atau belum). Selain hari-hari tersebut, ada pula waktu dimana umat Islam dianjurkan untuk tidak berpuasa, yaitu ketika ada kerabat atau teman yang sedang mengadakan pesta syukuran atau pernikahan. Hukum berpuasa pada hari ini bukan haram, melainkan makruh.

Karena Allah tidak menyukai jika seseorang hanya memikirkan kehidupan akhirat saja sementara kehidupan sosialnya menjaga hubungan dengan kerabat atau masyarakat ditinggalkan. Hari Raya Idul Adha, hal yang sama juga pada tanggal 10 Zulhijjah sebagai Hari Raya kedua bagi umat Islam.

Baca Juga: Siapa Nama Profil Admin Pemilik Akun IG Lambe Turah @Lambe_Turah Instagram Asli Dilaporkan Polisi

Hari itu diharamkan untuk berpuasa dan umat Islam disunnahkan untuk menyembelih hewan Qurban dan membagikannya kepada fakir miskin dan kerabat serta keluarga. Hari tasyrik adalah tanggal 11, 12 dan 13 bulan Zulhijjah. Pada tiga hari itu umat Islam masih dalam suasana perayaan hari Raya Idul Adha sehingga masih diharamkan untuk berpuasa. Namun sebagian pendapat mengatakan bahwa hukumnya makruh, bukan haram. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply