Video Foto Gambar Apa Itu Gerhana Bulan Penumbra di Indonesia September 2016

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Gerhana bulan penumbra seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra. Sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram. Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama.

Sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. Dengan penjelasan lain, gerhana bulan muncul bila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Tetapi karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5°. Maka tidak setiap oposisi bulan dengan Matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan.

Pada peristiwa gerhana bulan, seringkali bulan masih dapat terlihat. Ini dikarenakan masih adanya sinar Matahari yang dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer bumi. Dan kebanyakan sinar yang dibelokkan ini memiliki spektrum cahaya merah. Gerhana bulan terjadi pada hari Jumat 16 September 2016 malam hingga Sabtu dini hari.

Baca Juga: Hasil Skor Lengkap Liga Europa 2016 Pekan Pertama September 2016

Bulan akan tampak redup karena posisinya yang masuk dalam bayang-bayang Bumi. Gerhana bulan yang terjadi ini adalah gerhan bulan penumbra. Dalam gerhana bulan penumbra, posisi Bulan tidak persis dalam satu garis lurus Matahari, Bumi, dan Bulan. Bulan berada di area kerucut semu tambahan bayang-bayang Bumi yang masih menerima cahaya Matahari. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply