Jadwal Kapan Tanggal Puasa Asyura 11 Oktober 2016 Jatuh Hari Apa

0
J CumaBerita.com, Jakarta. Pada hari Kamis tanggal 8 Muharram 1434 H, Jum’at tanggal 9 Muharram 1434 H dan Sabtu tanggal 10 Muharram 1434 H. Tiga hari ini adalah hari-hari yang dianjurkan untuk berpuasa sunnah. Hari Kamis disunahkan berpuasa sebagai bagian dari puasa sunnah Senin dan Kamis. Adapun hari Jum’at, 9 Muharram, adalah hari disunahkan puasa Tasu’a.

Sedangkan hari Sabtu, 10 Muharram, adalah hari disunahkan puasa Asyura. Puasa Asyura 10 Muharram 1438 H jatuh pada hari Selasa 11 Oktober 2016. Keutamaan puasa Tasu’a dan Asyura adalah wujud syukur kepada Allah yang telah menyelamatkan hamba-hamba-Nya yang beriman dari kejahatan orang-orang kafir. Yaitu selamatnya Nabi Musa dan Harun ‘alaihimas salam bersama Bani Israil dari kejahatan Fir’aun dan bala tentaranya.

Meneladani nabi Musa, Harun dan Muhammad ‘alaihimus shalatu was salam, yang berpuasa pada hari Asyura. Meneladani para sahabat radhiyallahu ‘anhum yang melakukan puasa Asyura, bahkan melatih anak-anak mereka untuk melakukan puasa Asyura. Menghapuskan dosa-dosa kecil selama setahun sebelumnya, selama kesyirikan dan dosa-dosa besar dijauhi.

Baca Juga: Video Ahok Minta Maaf Polemik Surat Al-Maidah 51 Bersama Megawati

Para ulama menjelaskan ada tiga tingkatan terkait puasa Tasu’a dan Asyura. Puasa satu hari saja yaitu pada hari Asyura. Puasa dua hari, yaitu hari Tasu’a dan hari Asyura. Puasa tiga hari, yaitu sehari sebelum Asyura (yaitu hari Tasu’a), hari Asyura dan sehari setelahnya (tanggal 11 Muharram). (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply