Kepolisian Republik Indonesia Beri Hadiah Rp 5 Juta untuk Pelapor Pungli

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Soal pemberantasan pungli, pihak pengawas dan Kapolda membuat arahan dan petunjuk internal yang ada di Samsat untuk membenahi diri sendiri. Petunjuk diperlukan agar penerapannya ke depan tidak ada lagi pungli dalam proses pelayanan. Dengan melakukan sidak secara diam-diam, anggota polisi yang melakukan pungli sementara ini sudah mulai menghilang.

Kepolisian Republik Indonesia akan memberikan hadiah Rp 5 juta bagi masyarakat yang melaporkan praktek pungutan liar yang dilakukan anggota kepolisian. Hadiah itu bagian dari reward bagi pelapor adanya pungli. Bambang meminta agar masyarakat tidak takut lagi melapor jika mengalami atau mengetahui pungli. Kepolisian berharap agar masyarakat juga ikut aktif memberantas pungli. Untuk memberantas pungli, Kepolisian Daerah Jawa Tengah juga sudah membentuk satuan tugas.

Polri mengakui di tubuh kepolisian masih ada praktek pungli. Untuk memberantasnya butuh bantuan masyarakat. Jika ada yang mengetahui praktek pungli, harus segera melaporkan. Saat ini Irwasda Polda Jawa Tengah masih menangani salah satu anggotanya yang kepergok melakukan pungli di Kantor Samsat Magelang.

Baca Juga: Foto Kronologi Banjir Bandung Akibat Konversi Lahan DAS Citarum

Anggota tersebut menarik biaya Rp 50 ribu kepada warga yang membayar pajak. Polda Jawa Tengah memerintahkan kepada seluruh jajarannya agar jangan sekali-kali melakukan pungli. Sebab jika ketahuan pungli akan diberi sanksi keras. Indikator adanya pungli sangatlah sederhana, yakni penarikan biaya harus sesuai dengan ketentuan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply