Kronologi Kebakaran di Basement Gedung BRI II Kerahkan 9 Mobil Damkar

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Pada umumnya penyebab kebakaran dan peledakan bersumber pada 3 faktor. Faktor manusia, pekerja, human error dan kurangnya disiplin. Pengelola minimnya pengawasan, rendahnya perhatian terhadap keselamatan kerja. Faktor teknis, fsik, mekanis (peningkatan suhu/panas atau adanya api terbuka). Bahan yang mudah terbakar kayu, kertas, textil, bensin, minyak, acetelin dll. Panas pada lingkungannya memiliki suhu yang demikian tingginya.

Sumber panas dari sinar matahari, listrik kortsluiting, panas energimekanik (gesekan), teaksi kimia dan kompresi udara. Dari ketiga faktor tersebut saling mengikat dengan kondisi yang cukup tersedia. Cara pemadaman kebakaran ada 3 cara untuk mengatasi/memadamkan kebakaran. Cara penguraian yaitu cara memadamkan dengan memisahkanatau menjauhkan bahan / benda-benda yang dapat terbakar. Cara pendinginan yaitu cara memadamkan kebakaran dengan menurunkan panas atau suhu.

Bahan airlah yang paling dominan digunakan dalam menurunkan panas dengan jalan menyemprotkan atau menyiramkan air ketitik api. Bahan pemadam air mudah didapat, harga murah, dapat digunakandalam jumlah yang tak terbatas. Kebakaran terjadi di basement Gedung BRI II di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat pada pukul 05.40 WIB hari Rabu 26 Oktober 2016.

Baca Juga: Foto Agnez Mo Masuk Majalah VOGUE Dijuluki Indonesia’s Biggest Pop Diva

Kebakaran diduga disebabkan adanya korsleting listrik. Sebanyak 9 mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari Sudin Damkar Jakarta Pusat dikerahkan untuk memadamkan api yang mulai berkobar sekitar pukul 05.00 WIB. Sekitar pukul 05.35 WIB, api sudah berhasil dipadamkan. Tidak ada korban dalam kebakaran tersebut. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply