Gempa Guncang Kabupaten Malang 6.2 SR Terasa Sampai Bali dan Jogja

0
G CumaBerita.com, Jakarta. Masyarakat Jawa Timur tepatnya daerah Malang dan sekitarnya diguncang Gempa bumi dengan kekuatan 6.2 Skala Richter (SR) yang terasa hingga ke Bali, Banyuwangi, dan Jogja. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan berita gempa bumi hari ini, Rabu tanggal 16 November 2016 terjadi dengan pusat pusat di dekat Malang, Jawa Timur pada sekitar pukul 22.10 WIB.

BMKG melalui akun resminya di Twitter menyebut bahwa gempa bumi itu berpusat di 127 kilometer arah tenggara Kabupaten Malang, Jawa Timur, tepatnya pada lokasi 9.32 Lintang Selatan, 113.12 Bujur Barat, dengan kedalaman 69 kilometer. Belum diketahui dampak dari terjadinya gempa bumi yang berkekuatan cukup besar tersebut dan apakah berpotensi memicu terjadinya tsunami atau tidak.

Menurut laporan, warga di sejumlah tempat di Jawa Timur berhamburan ke luar rumah saat terjadi gempa bumi itu. Gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Malang dan pusat gempa yang berada di Samudera Hindia sebelah tenggara Malang itu dikabarkan terasa hingga Bali, Yogyakarta, bahkan Lombok, NTB.

Baca Juga: Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Resmi Tersangka Kasus Penistaan Agama Surat Al Maidah 51

Gempa di Kabupaten Malang itu terjadi akibat aktivitas tumbukan antar lempeng bumi (subduksi). Dua lempeng tersebut yakni Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia bertabrakan hingga salah satunya melesak ke bawah. Tergolong gempa berkedalaman menengah dengan kecepatan sekira 70 mm/tahun. Itu yang memicu getarannya terasa hingga wilayah yang jauh karena termasuk berspektrum luas. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply