Video Gempa 7.3 SR Jepang Disusul Gelombang Tsunami 1.4 Meter

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Gempa yang mengguncang prefektur Kumamoto lebih kuat dibandingkan gempa yang terjadi di hari sebelumnya, guncangan tercatat mencapai kekuatan 7.3 SR. Aktivitas seismik kemudian bergeser kearah timur laut mencapai daerah-daerah di Prefektur Oita sekitar 100 kilometer jauhnya dari fokus gempa. Para ahli khawatir bahwa kegiatan gempa bisa menyebar ke lempengan aktif utama yang terletak lebih jauh pada arah tersebut.

Jepang bagian utara dilanda gempa bumi pada Selasa 22 November 2016 dini hari dengan kekuatan yang cukup dahsyat yakni 7.3 pada skala richter yang pada pagi harinya direvisi oleh Badan Meteorologi Jepang menjadi 7.4 SR. Gempa tersebut berpotensi menimbulkan gelombang tsunami dari pantai utara Pasifik. Sehingga pemerintah setempat langsung mengeluarkan peringatan kepada warganya dengan membunyikan sirine.

Tiga jam usai gempa datang gelombang dengan ketinggian puncak 1,4 meter melanda sejumlah pesisir utara negara tersebut. Antara lain di Sendai, Prefektur Miyagi. Juga di Pelabuhan Soma, yang tinggi gelombangya 90 cm. Menurut BMKG setempat, gempa terjadi pada kedalaman 25 km wilayah laut dekat Fukushima.

Baca Juga: Foto Chrissy Teigen Tak Pakai Underwear di American Music Awards 2016

Dua gempa susulan terjadi setelahnya, namun kekuatannya tak sebesar yang pertama. Menurut perhitungan dari Masyarakat Jepang untuk Studi Patahan Aktif, tanah di sini pindah sekitar 20 sentimeter vertikal, dan sekitar dua meter horizontal. Pengukuran ini diambil di bagian timur laut dari zona lempeng Futagawa yang meluas minimal sekitar 64 kilometer. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply