Foto Profil Abu Uwais Tersangka Rush Money Adalah Guru SMK di Pluit

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Beberapa saat yang lalu Cyber Crime Mabes menangkap AR atau Abu Uwais (31) seorang guru SMK di Pluit Penjaringan, Jakarta Utara. Abu Uwais menjadi tersangka karena melakukan penghasutan melalui akun Facebook miliknya. Abu Uwais mengunggah foto dan status yang mengajak orang untuk melakukan penarikan uang secara bersama-sama (rush money).

Dalam penyelidikan ini tersangka aksi rush money mulai berjalan, dia menyuruh supaya mengambil uang dari bank milik komunis. Abu Uwais dikenakan pasal 28 ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara. Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus menyebut ada sekitar 70 akun sosial media yang teridentifikasi menyebarluaskan isu tersebut.

Polisi kemudian melakukan pemeriksaan secara digital forensik. Dalam akun Facebook yang dilihat detikcom, Abu Uwais memang menuliskan sejumlah status bertemakan rush money. Pada tanggal 24 November, Abu Uwais yang berstatus guru SMK di Pluit, Jakarta Utara ini menuliskan :RushMoney.

Baca Juga: Ario Kiswinar Terbukti Anak Kandung Mario Teguh Hasil Test DNA Keluar

Persiapan tgl 212. Kita modal sendiri bukan dr pengembang. Tersangka Abu Uwais mengaku hanya iseng menuliskan status hasutan untuk menarik uang secara bersama-sama (rush money) di akun Facebook. Abu Uwais sudah meminta maaf atas statusnya, namun proses hukum tetap dilakukan polisi. Namun meski menjadi tersangka, Abu Uwais yang ditangkap tidak ditahan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply