Mantan Presiden Cuba Fidel Castro Meninggal pada Usia 90 Tahun

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Kabar duka datang dari mantan Presiden Kuba Fidel Castro yang meninggal dunia pada hari Sabtu, 26 November 2016. Fidel Castro, pemimpin kontroversial ini mengembuskan nafas terakhirnya dalam usia yang ke-90. Meninggalnya Fidel Castro terjadi pada pukul 22.29 waktu setempat. Pada Agustus 2016, Fidel Castro baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-90.

Saat itu ribuan warga Kuba ikut turun ke jalan merayakan Fidel Castro, mantan presiden yang lahir 13 Agustus 1926 itu. Fidel Castro terkenal sebagai presiden terlama di Kuba. Setidaknya hampir setengah abad, Fidel Castro berkuasa di Kuba. Sepak terjang Fidel Castro memang fenomenal.

Fidel Castro menjadi salah satu pionir pendiri negara komunis dan menjadi penganut ideologi Marxisme. Pada April 2016, Fidel Castro sempat memberikan pidato terakhir di kongres Partai komunis dan pernah menyampaikan soal usianya. Saat itu, Fidel Castro memastikan bahwa ide tentang komunis akan tetap bertahan di dunia.

Baca Juga: Foto Profil Abu Uwais Tersangka Rush Money Adalah Guru SMK di Pluit

Fidel Alejandro Castro Ruz telah memerintah Kuba sebagai negara satu partai selama hampir setengah abad sebelum akhirnya menyerahkan kekuasaan kepada adiknya, Raul Castro pada 2008. Para pendukungnya memuji dia sebagai orang yang telah mengembalikan Kuba kepada rakyat. Namun para lawannya menuduh dia telah menekan oposisi secara brutal. Pada tahun 2008 Fidel Castro mundur dari jabatan presiden Kuba karena masalah kesehatan (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply