Jadwal Tanggal Sholat Hari Idul Adha 2015 Muhammadiyah dan NU

0
J CumaBerita.com, Jakarta. Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menyelenggarakan sidang isbat untuk menentukan awal bulan Zulhijah 1436 Hijriyah. Kementerian Agama menggelar sidang isbat di Jakarta pada hari Minggu 13 September 2015. Dengan penentuan awal bulan ini, dipastikan dapat diketahui waktu jatuhnya perayaan Idul Adha 2015. Namun Muhammadiyah menyiratkan perayaan Idul Adha 2015 akan berbeda dengan tanggal yang telah ditetapkan pemerintah.

Hal ini karena Muhammadiyah telah menetapkan awal Zulhijah sejak sebulan lalu. Jatuhnya pada hari Senin 14 September 2015 adalah awal bulan Zulhijah dan tanggal 23 September 2015 adalah Idul Adha 2015. Sedangkan pemerintah melalui Kementerian Agama memastikan 1 Zulhijah 1436 Hijriyah jatuh pada Selasa 15 September 2015.

Hal ini juga sekaligus menegaskan perayaan Idul Adha 2015 jatuh pada Kamis 24 September 2015. Yang membedakan kriteria yang ditetapkan Muhammadiyah dan pemerintah berlandas ketinggian hilal. Muhammadiyah tidak memperhatikan berapa derajat. Di mana ada anggapan yang penting sudah di atas ufuk atau horison atau nol derajat lebih. Muhammadiyah itu landasannya hisab murni.

Baca Juga: Harga Spesifikasi Ducati Monster 1200 R Terbuas 2015

Berapapun bulan atas ufuk, maka nanti malam setelah maghrib adalah satu Zulhijah. Arab Saudi dan mayoritas organisasi Islam lainnya juga akan merayakan Iduladha pada 23 September 2015. Adapun terkait dengan putusan Muhammadiyah yang telah menentukan awal bulan Zulhijah, Dirjen Bimas Islam mengakui bahwa pemerintah menghargai perbedaan tersebut. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply