Foto Profil Brigjen Teddy Hernayadi Divonis Seumur Hidup Kasus Korupsi F-16

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Brigjen Teddy Hernayadi terbukti bersalah atas penyelewengan dana pembelian pesawat tempur F-16 dan helikopter Apache. Dengan kasus korupsi ini menjadi pintu masuk dalam aksi bersih-bersih di lingkungan Kementerian Pertahanan (Kemhan). Pengawasan juga tengah dilakukan kepada bagian internal dari Kementerian Pertahanan.

Sebab korupsi terjadi ketika Teddy menjabat sebagai Kepala Bidang Pelaksana Pembiayaan Kementerian Pertahanan pada periode 2010-2014. Saat ini dari pihak Itjen Kementerian Pertahanan juga akan melakukan pengawasan yang lebih ketat. Itjen Kementerian Pertahanan akan meminta laporan secara nyata. Pihaknya telah mendapat keterangan dari puluhan orang yang mengaku dapat pinjaman duit dari Brigjen Teddy.

Pihak Itjen juga akan bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan KPK untuk pengawasan soal dana. Majelis meyakini saat Teddy berpangkat kolonel melakukan serangkaian tindak pidana korupsi anggaran negara yang diperuntukkan buat membeli alutsista. Tapi anggaran ini ia belokkan ke kantong pribadinya sehingga mencapai USD 12 juta.

Baca Juga: Situs Habibrizieq.com Resmi Diblokir Kemenkominfo

Vonis majelis itu jauh di atas tuntutan oditur (jaksa-red) yang menuntut Brigjen Teddy selama 12 tahun penjara. Dalam kasus korupsi, jarang ada terdakwa yang dijatuhi hukuman seumur hidup. Bisa jadi ini adalah kasus tindak pidana korupsi pertama dengan terdakwa jenderal bintang satu aktif. Dengan putusan ini akan menjadi pintu masuk untuk bersih-bersih oknum TNI nakal di lembaganya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply