Foto Profil George Aditjondro Penulis Buku Gurita Cikeas Meninggal Dunia

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Nama George Junus Aditjondro mulai mencuat ketika dengan beraninya dia menuliskan sebuah buku yang mengkritik pemerintahan SBY, Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century. Buku ini diterbitkan pada akhir Desember 2009. Buku itu sempat dilarang edar dan ditarik dari berbagai toko buku meski belum ada keputusan hukum terhadap peredaran buku tersebut.

Kritik George Aditjondro yang keras juga terjadi pada tahun 2011. Saat George Aditjondroditetapkan sebagai tersangka pencemaran nama baik Keraton Yogyakarta oleh Kepolisian DIY pada 5 Januari 2012. George Aditjondro dijerat dengan pasal 156 KUHP tentang perbuatan pencemaran nama baik seseorang atau insitusi. George Aditjondro dijerat pasal tersebut saat diskusi publik, Membedah Status Sultan Ground/Pakualaman Ground Dalam Keistimewaan Yogyakarta.

Beberapa saat yang lalu kabar duka datang dari George Junus Aditjondro meninggal dunia di Palu. Salah satu ungkapan duka cita atas kepergian George Aditjondro diungkapkan oleh Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri. Selain Hanif, netizen lain juga mengungkapkan duka cita atas kepergian George.

Baca Juga: Daftar Korban Meninggal Dunia Gempa Aceh jadi 101 Orang

Sebagai ungkapan duka cita mereka membuat tagar #RIPGJA. George Aditjondro meninggal dunia pada 05.45 WITA di Palu terkena stroke dan juga komplikasi saat masih di Yogya. George Aditjondro rencananya akan dimakamkan di makam perkebunan Talise. George pernah menjadi seorang wartawan. Di tahun 1994 dan 1995, dia dikenal sebagai pengkritik pemerintahan Soeharto. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply