BI Resmi Luncurkan Uang NKRI Gambar 12 Pahlawan Nasional pada Senin 19 Desember 2016

0
B CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya Bank Indonesia (BI) menyatakan akan menerbitkan uang NKRI dengan desain baru berupa gambar 12 pahlawan nasional pada tahun 2016. Penerbitan ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Uang itu akan menampilkan 12 gambar pahlawan nasional. Penggunaan 12 gambar pahlawan nasional tersebut bertujuan untuk lebih mengenalkan pahlawan nasional kepada masyarakat. Juga untuk menumbuhkembangkan semangat kepahlawanan, kepatriotan, kejuangan, serta sikap keteladanan dan mendorong semangat melahirkan karya terbaik bagi kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara.

Untuk mempermudah identifikasi ciri keaslian uang rupiah oleh masyarakat serta mempersulit upaya pemalsuan uang. BI akan melakukan penguatan unsur pengaman pada uang rupiah yang akan diterbitkan tersebut. Bank Indonesia (BI) mengumumkan desain baru uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada hari Senin 19 Desember 2016.

Baca Juga: Korlantas Rilis Aplikasi E-Tilang dan Denda Maksimal untuk Memberi Efek Jera

Peluncuran desain baru uang tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Penerbitan uang NKRI dengan desain baru tersebut merupakan pelaksanaan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, dengan ciri uang sebagaimana diatur dalam UU tersebut. Salah satu cirinya adalah memuat gambar pahlawan nasional yang ditetapkan sesuai dengan keputusan presiden. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply