5 Makna Dibalik Uang Rupiah dari 11 Uang Rupiah Baru 2016

0
5 CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya sebanyak 11 uang baru tersebut akan memenuhi semua ciri-ciri fisik dalam Undang-Undang Mata Uang Nomor 7 Tahun 2011. Ciri-ciri fisik uang baru itu antara lain, lambang Garuda Pancasila, frasa Negara Kesaturan Republik Indonesia (NKRI), tanda tangan pemerintah dan BI, serta tahun cetak dan tahun emisi.

Adapun 12 pahlawan nasional yang tercantum dalam uang NKRI tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam NKRI. Uang Rupiah baru yang baru dirilis oleh Bank Indonesia pada Senin 19 Desember 2016 mempunyai lima makna penting dari 11 uang Rupiah baru yang memuat 12 gambar pahlawan.

Makna dari uang rupiah baru tersebut ialah sebagai perwujudan kedaulatan RI. Apalagi pada uang baru tersebut mencantumkan frasa Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI). Yang memiliki makna filosifis rupiah simbol kedaulatan RI. Sedangkan makna kedua ialah sebagai alat pembayaran yang sah.

Baca Juga: Sinopsis Drama Korea Hwarang The Beginning Mengintip Penampilan Lee Kwang Soo

Rupiah menjadi alat pembayaran wajib dipakai dalam setiap transaksi di Indonesia. Ketiga, sebagai upaya untuk menjaga ketersediaan uang. Keempat, peluncuran uang baru dimaksudkan untuk menjaga kualitas uang rupiah. Kelima, adanya uang rupiah baru sebagai penghormatan terhadap jasa pahlawan RI. Dalam 11 pecahan uang NKRI tersebut terdapat 12 gambar pahlawan nasional. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply