Jembatan Cisomang Cipularang Tol Purbaleunyi Bergeser 53 Cm Mobil Besar Dilarang Lewat

0
J CumaBerita.com, Jakarta. Jalan Tol Purbaleunyi adalah jalan tol yang menghubungkan Purwakarta dan Cileunyi. Memiliki panjang 88 kilometer, jalan tol ini melintasi Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Cimahi, Kota dan Kabupaten Bandung. Jalan tol ini merupakan kelanjutan dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Perbatasan antara kedua jalan tol tersebut adalah di Simpang Susun Dawuan yang berada di Kilometer 67. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan adanya pergeseran pada Jembatan Cisomang yang ada di ruas jalan tol Purbaleunyi, Jawa Barat. Pergeseran terdeteksi pada bagian atas pilar kedua jembatan ke samping sejauh 53 cm. Pergeseran itu dianggap sudah melebihi batas izin yang disyaratkan.

Pergeseran ini disebabkan karena terjadinya pergerakan tanah pada bagian pondasi jembatan. Dengan tinggi jembatan 40 meter, ada pergerakan sedikit di bawah (pondasi) itu akan mengakibatkan goyangan besar di atas. Kini pilar kedua Jembatan Cisomang pada Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi di Km 100+700 mengalami pergeseran (deformasi) melebihi batas izin yang disyaratkan.

Baca Juga: Om Telolet Om akan Dilarang Karena Dinilai Berbahaya

Untuk mengambil langkah pencegahan dilakukan pengalihan arus lalu lintas untuk membatasa beban arus lalu lintas jembataan Cisomang. PT Jasa Marga telah melakukan monitoring dan evaluasi secara regular terhadap struktur beberapa jembatan bentang panjang di Indonesia. Salah satu jembatan yang telah dilakukan monitoring dan evaluasi adalah Jembatan Cisomang pada Kamis, 22 Desember 2016. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply