Foto Gaya Ahok di Persidangan Putusan Sela dan Makna Salam Dua Jari

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyampaikan salam dua jari sebanyak dua kali, Di awal dan akhir persidangan kepada para pengunjung sidang serta awak media. Sidang perkara penistaan agama dengan terdakwa Ahok dimulai sekitar pukul 09.00 WIB di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat pada hari Selasa 27 Desember 2016.

Saat Ahok duduk, majelis hakim mempersilakan satu menit bagi Ahok untuk difoto oleh awak media. Dengan mengenakan batik Truntum Mangkoro berwarna ungu, Ahok membalikan badan ke arah pengunjung. Ahok tersenyum lalu mengangkat tangan kirinya, bukan untuk melambaikan tangan, tapi membentuk salam dua jari.

Salam dua jari merupakan simbol kampanye Ahok dalam pemilihan calon gubernur DKI Jakarta. Di setiap kunjungannya ke warga DKI, Ahok sering menyampaikan salam dua jari ke warga. Menurut pengamat politik Universitas Indonesia, terdapat dua makna dibalik simbol salam dua jari Ahok di awal dan akhir persidangan.

Baca Juga: Bandara Ahmad Yani Semarang Kembali Dibuka Pasca Pesawat Wings Air Tergelincir

Makna pertama berada dalam koridor pemilihan calon gubernur DKI Jakarta, Ahok memanfaatkan momen tersebut untuk kepentingan kampanye. Makna kedua, salam dua jari berada dalam konteks perkara hukum yang sedang dihadapi Ahok. Salam dua jari sebagai lambang kemenangan dan perdamaian, serta untuk mengingatkan kembali ke masyarakat bahwa Ahok tetap kuat menjalani persidangan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply