Gempa 6,6 SR Hari Ini Guncang NTT Sumbawa Masyarakat Bima dan Bali Panik

0
G CumaBerita.com, Jakarta. Gempa dirasakan cukup kuat di Sumba Barat selama± 5 detik dan belum ada laporan dampak. Dirasakan cukup kuat di Sumbawa Barat selama ± 3 detik. Dirasakan sedang di Kota Mataram selama ±5 detik. Dirasakan di Kabupaten Dompu selama 5 detik, masyarakat panik. Gempa dengan kekuatan 6,6 SR mengguncang masyarakat di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Bali.

BMKG melaporkan gempa Mag:6.6 SR, telah terjadi Jumat, 30 Desember 2016 pukul 5.30 WIB. Hiposenter pada koordinat 9.37 LS,118.63 BT (59 km Barat Laut Sumbawa Barat Daya Provinsi NTT) dengan kedalaman 91 km. Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB menyatakan, gempa tidak berpotensi tsunami. Sumber gempa berasal dari subduksi pertemuan lempang Hindia Australia dan Eurasia.

Gempa dirasakan sedang hingga kuat di Kota Bima, Sumbawa, Sumbawa Barat, Praya, Lombok, Kota Mataram hingga Bali. Intensitas dan lama gempa dirasakan cukup kuat di Sumba Barat Daya. Aparat dan masyarakat yang sedang melakukan penanganan darurat pasca banjir di Kota Bima juga merasakan guncangan cukup keras berhamburan ke luar bangunan dan rumah.

Baca Juga: Foto Profil Nana After School Wanita Paling Cantik Ketiga Di Dunia 2016

Berdasarkan analisis BMKG dari peta gempa dirasakan di Kuta Bali II SIG-BMKG (3 MMI), Gianyar II SIG-BMKG (3 MMI), Mataram II SIG-BMKG (3 MMI). Artinya intensitasnya ringan hingga sedang. Dengan kondisi seperti ini bangunan masih kuat menahan gempa. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply