Video Detik-Detik Kebakaran Kapal Zahro Express Diduga Berawal dari Mesin

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Di awal tahun 2017, kebakaran kapal penumpang Zahro Express terjadi di perairan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu pada hari Minggu pagi 1 Januari 2017. Kebakaran diduga berawal dari mesin kapal. Kapal mulai dilaporkan terbakar 15 menit setelah berlayar dari Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara.

Terjadi kumpulan asap di daerah kabin mesin. Mesinnya terbakar. Kemudian merambat ke badan kapal. Kapal Zahro Express merupakan sebuah kapal semi kayu dan tidak menggunakan mesin speed boat. Kapal Zahro Express biasa digunakan sehari-hari dengan kapasitas penumpang hingga 200 orang. Hingga saat ini, masih belum diketahui jumlah pasti penumpang yang diangkut oleh Kapal Zahro Express.

Namun dari data terakhir dari Badan Nasional Proses pemadaman api telah selesai dan penumpang yang selamat juga telah dibawa kembali ke Pelabuhan Kali Adem. Namun masih belum bisa memastikan penyebab kapal bisa terbakar. Penyelidikan perlu dilakukan untuk memastikan penyebab mesin terbakar.

Baca Juga: Foto Profil Bambang Tri Mulyono Motif Menulis Buku Jokowi Undercover

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai kecelakaan kapal Zahro Express yang merenggut nyawa 23 jiwa hanyalah puncak dari gunung es atas fenomena Ojeg Kapal. Ojeg Kapal sudah berjalan puluhan tahun di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Saat ini, puluhan bahkan ratusan ojeg kapal beroperasi tanpa standar keamanan dan keselamatan yang jelas dan sangat minimnya pengawasan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply