Daftar Harga BBM Terbaru Naik Rp300/Liter Mulai 5 Januari 2017

0
D CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mempertimbangkan untuk tidak menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada periode perhitungan tiga bulanan Januari hingga Maret 2017. Artinya, harga BBM pada selama tiga bulan kedepan kemungkinan besar tidak berubah. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Dan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 27 Tahun 2016 tentang Perhitungan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Menteri ESDM menetapkan harga jual BBM jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan setiap tiga bulan dengan memperhitungkan perkembangan harga minyak. Rata-rata harga indeks pasar dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika dengan kurs beli Bank Indonesia. Selanjutnya, pemerintah akan terus memantau perkembangan harga minyak dunia dalam menetapkan harga jual jenis BBM tertentu dan jenis BBM khusus penugasan.

Namun untuk BBM non subsidi kembali mengalami kenaikan mulai Kamis, 5 Januari 2017 pukul 00.00 WIB. Pertamax, Pertalite, Pertamax Turbo, dan Pertamina Dex sama-sama bertambah Rp 300 per liter. Akan halnya BBM subsidi, Premium tidak mengalami perubahan atau sama dengan harga sebelumnya.

Baca Juga: Foto Profil Farida Yeni Selingkuhan Bupati Katingan PNS Cantik dan Seksi

Perubahan harga BBM tersebut, sebagai contoh, Pertamax di DKI Jakarta dan seluruh provinsi di Jawa-Bali, naik Rp 300. Jika sebelumnya harga bahan bakar RON 92 tersebut adalah Rp 7.750 liter, maka sekarang Rp8.050 per liter. Jumlah kenaikan yang sama juga berlaku untuk Pertalite. Jika sebelumnya Pertalite dihargai Rp 7.050 per liter, maka kini menjadi Rp7.350 per liter. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply