Pengertian 5 Rukun Islam Dan 6 Rukun Iman Serta Penjelasannya

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Pengertian Rukun Iman menurut Al-qur’an adalah membenarkan dengan penuh keyakinan bahwa Allah SWT mempunyaii kitab yang diturunkan kepada hambanya dengan kebenaran yang sangat nyata serta petunjuk yang jelas. Kemudian Rukun iman menurut Hadist ialah iman yang merupakan pembenaran batin dan Nabi Muhammad Saw menyebutkan hal lain.

Sebagai iman seperti akhlak yang baik, bermurah hati, sabar, cinta rosul, cinta sahabat rosul, mempunyai rasa malu dan lain sebagainya. Rukun Iman merupakan pilar yang sangat penting yang menjadi pedoman hidup bagi seorang Muslim selain 5 Rukun Islam. Rukun Islam ada 5 yaitu 1. Mengucap dua kalimah syahadah, 2. Mendirikan solat, 3. Menunaikan zakat, 4. Berpuasa di bulan Ramadhan dan 5. Menunaikan haji di Mekah bagi yang mampu.

Sedangakan Rukun Iman ada 6 Macam yaitu 1. Iman kepada Allah, 2. Iman kepada Malaikat, 3. Iman kepada Kitab – Kitab, 4. Iman Kepada Rosul, 5. Iman Kepada Kiamat dan 6. Iman Kepada Qadha dan Qadhar. Syahadat memiliki makna mengucapkan dengan lisan, membenarkan dengan hati lalu mengamalkannya melalui perbuatan.

Baca Juga: Video Skor Manchester United vs Hull City 2-0 Semifinal EFL Cup 2017

Adapun orang yang mengucapkannya secara lisan namun tidak mengetahui maknanya dan tidak mengamalkannya maka tidak ada manfaat sama sekali dengan syahadatnya. Shalat merupakan ibadah yang sangat agung kedudukannya dan Shalat mendapat perhatian dan prioritas utama dalam Islam. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply