Punya Gaji Pas-pasan? Jangan Khawatir, Anda Tetap Bisa Liburan dengan Beragam Tips Berikut Ini

0

Berlibur dengan pendapatan pribadi tentu dapat memberikan kepuasan tersendiri. Namun, berlibur dengan pendapatan tersendiri seringkali merusak kondisi keuangan Anda. Hal ini seringkali terjadi apabila gaji yang didapat setiap bulannya tidaklah memungkinkan untuk berlibur karena nominal yang didapat pas-pasan. Meskipun demikian, jika Anda memiliki gaji pas-pasan namun tetap ingin berlibur, tidak perlu khawatir karena beberapa tips berikut ini dapat membantu Anda:

Buat perencanaan keuangan secara matang

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan jika ingin melaksanakan liburan meskipun memiliki gaji yang pas-pasan yakni dengan membuat perencanaan keuangan secara matang. Perencanaan keuangan sangatlah penting untuk disusun terlebih dahulu karena sangat berpengaruh terhadap ketersediaan dana untuk liburan. Sehingga, bisa dikatakan tanpa perencanaan keuangan yang matang, maka Anda tidak dapat memanfaatkan gaji yang pas-pasan tersebut untuk berlibur.

Untuk dapat mengetahui cara membuat perencanaan keuangan yang tepat, Anda dapat mencari informasi keuangan di Internet yang menyediakan tips perencanaan keuangan yang baik. Selain itu, Anda juga dapat membuat perencanaan keuangan yang bisa disesuaikan dengan kondisi kehidupan Anda dengan membagi uang gaji yang Anda dapat setiap bulannya ke dalam tiga pos yakni konsumsi, tabungan dan investasi. Karena, ketiga hal tersebut merupakan pilihan yang dapat Anda lakukan ketika memiliki uang dan sebaiknya Anda membuat perencanaan keuangan berdasarkan tiga pos tersebut.

Hitung berapa kebutuhan pokok Anda

Pos pertama yang perlu Anda penuhi ketika membuat perencanaan keuangan yakni pos konsumsi. Untuk mengisi pos konsumsi, Anda dapat memperkirakan berapa pengeluaran Anda setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan pokok. Kebutuhan pokok yang dapat diperhitungkan antara lain seperti biaya makan, biaya tempat tinggal dan biaya transport. Setelah menghitung kebutuhan pokok seefisien mungkin, kemudian sisihkan gaji yang Anda dapatkan untuk diisi di pos-pos yang lainnya.

Alihkan sebagian dana untuk dana cadangan

Pos berikutnya yang perlu Anda perhatikan ketika membuat perencanaan keuangan yakni pos tabungan. Menabung sangatlah penting untuk dilakukan setiap bulannya setelah Anda menerima gaji. Karena, dengan menabung Anda dapat memenuhi kebutuhan mendadak lewat dana cadangan yang Anda miliki di tabungan. Oleh karena itu, mengalihkan sebagian uang gaji untuk dana cadangan harus Anda lakukan setiap bulannya.

Untuk mengalihkan sebagian dana menjadi dana cadangan, Anda dapat memperkirakan berapa besar tabungan yang Anda miliki. Idealnya, Anda menyisihkan setidaknya 5% dari total uang gaji yang Anda miliki sebagai dana cadangan. Setelah itu, simpan dana cadangan tersebut atau gunakan rekening tabungan yang berbeda untuk menyimpan dana cadangan agar tidak membuat Anda tergoda untuk menggunakannya.

Alihkan sebagian dana untuk investasi

Setelah menghitung berapa uang untuk memenuhi kebutuhan pokok dan dana cadangan untuk digunakan ketika keadaan darurat, kemudian alihkan sisa gaji yang tersisa untuk berinvestasi. Investasi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan mengingat Anda bisa mendapatkan passive income dari kegiatan investasi yang Anda jalani. Dengan melakukan investasi, maka secara tidak langsung Anda juga telah menambah penghasilan yang Anda miliki setiap bulannya melalui passive income dari investasi tersebut.

Setelah membagi uang yang Anda miliki kepada 3 pos tersebut, lalu manakah dana yang bisa dikhususkan untuk berlibur? Anda dapat menggunakan dana cadangan yang telah terkumpul untuk membiayai liburan impian Anda selama setiap tahunnya. Selain itu, imbal hasil dari kegiatan investasi yang Anda jalani juga dapat menjadi modal tambahan untuk berlibur. Sehingga, Anda tidak perlu berpikir bagaimana cara cepat naik gaji setiap waktu agar dapat berlibur karena pengelolaan keuangan yang baik dapat membantu Anda untuk mewujudkan hal tersebut.

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply