Daftar 10 “Skill” Paling Dibutuhkan Perusahaan Tahun 2019

0
D CumaBerita.com, Jakarta. Tahun baru merupakan saat yang tepat untuk kembali menata strategi guna mencapai kesuksesan dalam karier Anda. Merefleksikan diri di awal tahun adalah hal yang penting dilakukan, khususnya bagi para profesional muda. Jangan pernah takut untuk mengambil risiko dalam karier.

Tanpa tantangan terhadap diri sendiri, maka Anda tidak akan pernah sukses seutuhnya. Pegawai yang baik tentu pandai dalam mengelola waktunya, yang akan membuatnya lebih produktif. Berdasarkan analisis dari laman berjejaring LinkedIn, pada 2019 perusahaan cenderung mencari kandidat yang menguasai kombinasi dari hard skill dan soft skill, dengan kreativitas berada di posisi pertama dalam daftar keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dikutip dari laman resmi Forum Ekonomi Dunia (WEF), data LinkedIn tersebut senada dengan data Future Jobs Report WEF yang menyimpulkan keterampilan “manusia”, seperti orisinalitas, inisiatif, dan pemikiran kritis, cenderung meningkat nilainya di mata para pencari tenaga kerja seiring dengan kemajuan teknologi dan otomatisasi.

Memperkuat soft skill adalah salah satu investasi terbaik yang bisa Anda lakukan untun berhasil dalam karier, karena hal tersebut tidak akan pernah kedaluwarsa. Selain itu, dengan berkembangnya AI (kecerdasan buatan) membuat soft skills menjadi semakin dibutuhkan karena hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh robot.

Selain kreativitas, ada empat soft skill lain yang diminati perusahaan dari calon karyawannya. Yaitu persuasi atau kemampuan untuk meyakinkan orang lain, kolaborasi, kemampuan beradaptasi, dan manajemen waktu. WEF memandang posisi berbagai skill tersebut cenderung akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu dengan proses pembelajaran yang aktif, kreativitas dan pengaruh sosial juga akan meningkat dalam daftar tersebut.

Adapun untuk hard skill, komputasi cloud berada di posisis teratas, dan diikuti oleh AI, analytical reasoning, manajemen manusia, juga user experience (UX) design.

Berikut daftar skill yang paling dibutuhkan perusahaan tahun ini,

Soft Skill
1. Kreativitas
2. Persuasif
3. Kolaborasi
4. Kemampuan beradaptasi
5. Manajemen waktu

Baca Juga: Maskapai Pramugari Berbikini Asal Vietnam Terbangi Indonesia

Hard Skill
1. Komputasi kloud
2. Kecerdasan buatan
3. Analytical reasoning
4. Manajemen manusia
5. UX design. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply