Cegah Kerugian Perusahaan Lebih Dalam dengan Broker Asuransi

0
C CumaBerita.com, Jakarta. Untung dan rugi dalam berbisnis merupakan suatu hal yang biasa. Namun, setiap perusahaan tentu ingin mendapat keuntungan saat menjalankan bisnisnya. Agar dapat mencegah kerugian, ada beragam cara yang bisa dilakukan perusahaan, salah satunya yakni memiliki asuransi bisnis. Asuransi berguna untuk meminimalisir kerugian secara finansial bagi perusahaan.

Hal inilah yang membuat bank investasi besar Amerika selamat dari kebangkrutan pada tahun 2008 silam. Setelah krisis Subprime Mortgage yang dialami Amerika, Lehman Brothers mengajukan klaim asuransi sebesar 100 Milliar US Dollar. Klaim tersebut menjadi salah satu klaim asuransi terbesar di dunia sekaligus menyelamatkan Lehman Brothers dari kebangkrutan sepanjang masa. Pentingnya memiliki asuransi sayangnya masih dianggap remeh oleh banyak perusahaan di Indonesia. Hingga saat ini, penetrasi asuransi di Indonesia masih 3% dari PDB atau sekitar 7% masyarakat Indonesia saja yang sudah menggunakan asuransi.

Salah satu cara untuk membeli asuransi bisnis adalah melalui broker asuransi dan agen asuransi. Berikut ini ulasan mengenai peran broker asuransi dalam membantu perusahaan untuk memiliki asuransi.

Melakukan proses manajemen risiko
Baik agen asuransi maupun broker asuransi sama-sama bisa memberikan produk asuransi terbaik untuk perusahaan Anda. Namun, variasi produk yang dapat ditawarkan oleh broker asuransi jauh lebih beragam karena broker asuransi tidak berafiliasi kepada satu perusahaan asuransi tertentu.

Broker asuransi akan melakukan serangkaian proses manajemen risiko terlebih dahulu. Pihak broker akan menganalisis potensi risiko yang mengancam perusahaan Anda, menilai potensi kehadiran risiko dan memberikan solusi antisipasi apa saja yang bisa Anda lakukan. Proses ini akan membantu perusahaan untuk mendapatkan asuransi bisnis yang efektif dan efisien sesuai kondisi bisnis dan perusahaan Anda.

Menawarkan paket asuransi yang sesuai
Setelah melakukan proses manajemen risiko, broker asuransi akan memberikan paket asuransi yang beragam, menjembatani pemilihan paket asuransi, hingga mempersiapkan dan membuat desain kontrak Asuransi yang akan disesuaikan dengan risiko apa saja yang dihadapi oleh perusahaan serta besaran potensi kehadiran risiko tersebut. Perusahaan Anda bisa memilih paket asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhan dari premi yang terjangkau, manfaat apa saja yang ditawarkan pihak asuransi, dan kemudahan dalam proses klaim. Selain itu, broker asuransi juga dapat memberikan konsultasi jika terjadi klaim.

Mencegah Kerugian Lebih Efektif
Dengan memiliki paket asuransi yang sesuai profil risiko, perusahaan Anda dapat meminimalisir risiko kerugian secara finansial. Dengan menggunakan jasa broker asuransi, Anda bisa mendapatkan manfaat lebih dalam meminimalisir kerugian sekaligus menjaga stabilitas bisnis perusahaan.

Pastikan broker Asuransi yang Anda pilih telah terbukti kredibilitas dan kualitasnya. Untuk mendapatkan broker asuransi terbaik, perlu dipahami track record broker asuransi yang akan digunakan perusahaan Anda. Marsh Indonesia dapat menjadi contoh broker asuransi dan konsultan manajemen risiko yang baik karena track record yang dimilikinya, dari pelayanan proses identifikasi risiko, memberikan rekomendasi paket asuransi yang beragam hingga membantu dalam proses klaim.

Baca Juga: Sikap Keanu Reeves Banjir Pujian saat Foto Bareng Fans Cewek

Juga, broker asuransi yang baik memiliki hubungan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan asuransi yang mempunyai kredibilitas dan reputasi baik, termasuk dalam proses klaim. Sehingga, Anda akan mendapatkan pilihan paket asuransi dari tim broker asuransi tidak terbatas hanya dari satu perusahaan penyedia asuransi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply