Axa Direct, Kemudahan Klaim Asuransi Via WhatsApp

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Negara berkembang seperti Indonesia masih memiliki ruang pertumbuhan jumlah pengguna internet yang besarnya bisa mencapai dua digit setiap tahun. Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta, dari angka itu, 48% merupakan pengguna internet harian.

Perusahaan asuransi jiwa PT AXA Life Indonesia sejak April 2016 telah memberlakukan transformasi ke layanan penjualan digital secara penuh lewat e-buy. Hal itu untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah dan sebagai upaya mengikuti perkembangan teknologi digital yang pesat. Berbagai terobosan itu seperti e-claim atau proses klaim elektronik lewat aplikasi Whatsapp (WA), email, maupun online portal AXA. Nasabah cukup mengirim foto dokumen lewat WA, klaim langsung diproses. Nasabah tidak perlu mengirim dokumen aslinya. Ini untuk mempermudah nasabah, sehingga klaim bisa lebih cepat. Klaim lewat WA saat ini, seluruhnya diterima, baik untuk kesehatan, penyakit kritis, ataupun meninggal dunia, dengan nilai klaim tidak dibatasi. Saat ini, dengan aplikasi WA, permohonan klaim langsung dijawab saat itu juga dan notifikasi penerimaan klaim nasabah direspons dalam waktu maksimal 30 menit.

Kemudian, klaim diproses dan bisa dicairkan rata-rata 3-5 hari dan maksimal pencairan paling lambat 14 hari. Bahkan bagi nasabah dengan dokumen klaim lengkap dan memenuhi ketentuan dapat di proses dan dibayarkan pada hari yang sama. Selain e-claim, perusahaan asuransi jiwa PT AXA Life juga menghadirkan layanan AXA Direct, portal yang menyediakan layanan kepada nasabah di mana mereka bisa mendapatkan update atas status polis, jenis produk asuransi yang mereka butuhkan, serta klaim mereka.

Mengingat respons yang tinggi, kini AXA juga membuka layanan penyampaian klaim lewat aplikasi LINE. AXA Direct tidak hanya bisa dinikmati nasabah AXA, tetapi juga untuk masyarakat umum yang tidak memiliki polis di AXA. Transformasi digital yang dilakukan AXA Life Indonesia karena perkembangan penggunaan internet yang pesat di masyarakat Indonesia. Indonesia berada di peringkat keenam terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna internet. Melalui AXA Direct ini, calon nasabah dapat mendaftar polis asuransi AXA seperti produk AXA Heart & Save dan lainnya.

Baca Juga: Fenomena Super Pink Moon Malam Ini

Selain itu, nasabah dapat melakukan klaim via online. Portal AXA Direct hadir sebagai portal penghubung antara nasabah dengan AXA. Melalui AXA Direct, nasabah bisa mendapatkan e-quotation, memeriksa status polis, melakukan perubahan data polis, serta melakukan registrasi klaim online. AXA Direct merupakan upaya perseroan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah sesuai dengan kebutuhannya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply