Awas! Begini Cara Kerja Pinjol Ilegal Menjerat Mangsa

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Hingga saat ini pinjol atau pinjaman online ilegal berkeliaran mencari mangsa baru. Mereka menawarkan pinjaman dengan proses yang cepat tapi bunga dan denda sangat tinggi. Ada modus baru yang digunakan oleh pinjaman online ini. Misalnya mereka membuat aplikasi, situs atau web untuk menjerat mangsanya.

Lalu memberi pinjaman dengan mudah dan syarat yang tidak jelas. Sekarang ada modus, masyarakat tiba tiba dapat transfer dana dan tidak diketahui pengirimnya. Ini kemungkinan mereka pernah mengakses, atau tidak sengaja mengakses. Pinjaman online ilegal ini juga kadang berkomplot. Karena ketika peminjam tak bisa membayar ke pinjol A, maka dia merekomendasikan untuk meminjam ke pinjol B untuk melunasi utang. Lalu merekomendasikan pinjol C untuk gali lubang tutup lubang. Pinjol ilegal ini melakukan teror dan intimidasi sampai pelecehan ketika peminjam gagal bayar. Pelecehan yang dilakukan oleh penagih utang yang tidak manusiawi ini harus masuk ke proses hukum. Masyarakat harus berhati-hati dengan pinjaman online (pinjol) ilegal. Pasalnya pinjol ilegal ini memiliki cara kerja seperti rentenir namun secara online. Pihak Bareskrim Polri menyebutkan, aplikasi pinjol ilegal ini menyedot data-data penggunanya. Sehingga orang yang sudah terdaftar atau mengakses maka datanya sudah dikantongi oleh pihak pinjol tersebut.

Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri, mengungkapkan saat ini Bareskrim sudah menangani kasus Rp Cepat. Sekarang tak ada lagi korban yang diteror SMS oleh mereka. Polisi mengungkapkan data yang diakses termasuk kontak handphone, galeri sampai media sosial. Mereka akan mengakses semua data yang diambil lalu menganiaya secara psikis si peminjam tadi. Pinjol ilegal ini adalah jurang untuk masyarakat yang mengakses.

Baca Juga: Foto Mesra Ahok dan Puput Rayakan Ulang Tahun

Biasanya si pinjol ilegal ini memanfaatkan simcard baru dalam jumlah ribuan untuk menyebar SMS ke banyak nomor telepon. Untuk korban yang diteror ini harus segera ganti nomor handphone untuk menghindari bully yang diberikan oleh pinjol tersebut. Kemudian bisa langsung melaporkan ke pihak kepolisian dan Satgas Waspada Investasi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply