Rahasia Orang China Sering Jadi Pengusaha Sukses

0
R CumaBerita.com, Jakarta. Hampir seluruh pendiri maupun pemilik dari perusahaan besar, khususnya yang ada di Indonesia didominasi oleh orang-orang keturunan Tionghoa. Tak hanya itu, perusahaan internasional juga banyak yang dimiliki oleh orang China. Sudah bukan rahasia lagi bahwa kebanyakan orang keturunan Tionghoa terkenal akan kesuksesannya sebagai pengusaha. Jatuh-bangun, bangkrut-maju, mereka akan hadapi semua momen tersebut tanpa rasa takut dan nggak terbersit keinginan untuk menyerah.

Berikut rahasia orang China sering jadi pengusaha sukses.

Pekerja Keras
Orang China meyakini bahwa nggak ada yang instan di dunia ini. Untuk mencapai kesuksesan, maka mereka harus rela berkorban mulai dari raga, pikiran, dan finansial demi membangun usahanya. Walaupun hal ini berarti jatah berkumpul dengan keluarga dan waktu istirahat akan berkurang, mereka tak gentar untuk melakukannya.

Pantang Menyerah
Bukan orang sukses namanya kalau nggak pernah menemui kegagalan dalam proses hidupnya. Begitu juga dengan pengusaha. Biasanya pengusaha China sudah mempersiapkan mentalnya sedari awal agar nggak kaget apabila sewaktu-waktu usahanya harus bangkrut dan merugi.

Teliti
Sebuah perusahaan baik yang masih kecil maupun yang sudah besar harus memiliki pengaturan finansial yang baik. Jika tidak, maka hal ini akan berdampak pada keberlangsungan aktivitas di dalam perusahaan. Untuk menjaga kesehatan finansial, para pengusaha China akan sangat teliti dalam membuat laporan keuangan. Hal ini juga memudahkan proses tracking aliran dana dari perusahaan.

Berpikr Jauh ke Depan
Ketika mereka memulai sebuah usaha, maka yang dipikirkan ialah bagaimana caranya agar usaha ini dapat diwariskan hingga ke anak-cucunya. Kebanyakan dari mereka sangat menginginkan keturunannya hidup lebih baik di masa mendatang sehingga demi mencapai cita-cita tersebut, mereka berusaha agar perusahaannya harus maju dan berkembang.

Baca Juga: Pelaku Ditangkap, Anggota TNI AD Tewas Dikeroyok

Pandai Berhemat
Last but not least, yang nggak mungkin dipungkiri lagi dari karakteristik pengusaha sukses keturunan China ialah kepandaiannya dalam berhemat. Meskipun sudah kaya raya, mereka nggak lantas berfoya-foya terhadap harta yang dimiliki. Sebaliknya, justru mereka lebih selektif lagi ketika harus mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu. Jika dirasa nggak terlalu penting, maka mereka nggak akan membelinya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply