Pramoedya Ananta Toer Google Doodle Hari Ini Rayakan Ultah Ke-92

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Nama Pramoedya Ananta Toer secara luas dianggap sebagai salah satu pengarang yang produktif dalam sejarah sastra Indonesia. Pramoedya telah menghasilkan lebih dari 50 karya dan diterjemahkan ke dalam lebih dari 41 bahasa asing. Nama asli Pramoedya adalah Pramoedya Ananta Mastoer, sebagaimana yang tertulis dalam koleksi cerita pendek semi otobiografinya yang berjudul Cerita Dari Blora.

Karena nama keluarga Mastoer (nama ayahnya) dirasakan terlalu aristokratik, Pramoedya Ananta Toer menghilangkan awalan Jawa Mas dari nama tersebut dan menggunakan Toer sebagai nama keluarganya. Pada masa kemerdekaan Indonesia, Pramoedya Ananta Toer mengikuti kelompok militer di Jawa dan kerap ditempatkan di Jakarta pada akhir perang kemerdekaan. Gaya penulisannya berubah selama masa itu, sebagaimana yang ditunjukkan dalam karyanya Korupsi, fiksi kritik pada pamong praja yang jatuh di atas perangkap korupsi.

Hal ini menciptakan friksi antara Pramoedya Ananta Toer dan pemerintahan Soekarno. Selain pernah ditahan selama 3 tahun pada masa kolonial dan 1 tahun pada masa Orde Lama, selama masa Orde Baru Pramoedya Ananta Toer merasakan 14 tahun ditahan sebagai tahanan politik tanpa proses pengadilan di Pulau Nusakambangan.

Baca Juga: Foto Muslimah Amerika Pakai Bendera AS Untuk Jilbab Hari Hijab Sedunia

Pada hari ini, Senin 6 Februari 2017 jika membuka laman Google akan terlihat ilustasi seorang pria berbaju putih dan berkaca mata tengah mengetik di mesin tik. Pria itu adalah sastrawan luar biasa, Pramoedya Ananta Toer. Google memilih sosoknya menjadi Doodle karena tepat pada hari ini Pramoedya Ananta Toer dilahirkan pada 1925 silam. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply