Foto Meriahnya Festival Diwali Ulang Tahun Cahaya Masyarakat India

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Festival Diwali diadakan pada bulan Oktober atau November disetiap tahun. Festival ini biasanya dirayakan selama 5 hari. Ketika perayaan Festval Diwali sedang berlangsung, rumah-rumah dan gedung perkantoran diterangi cahaya lampu minyak kecil yang disebut dengan Diyas. Arti dari Diwali sendiri adalah rangkaian lampu yang menyala.

Hari pertama pada festival Diwali dinamakan Dhan Trayodashi atau Dhanteras yang ditujukan untuk memuja Dewi Lakshmi dengan menggunakan berbagai peralatan dari perak. Hari ke dua disebut Narak Chaturdashi yang terkenal sebagai Shhoti Diwali. Hari ketiga merupakan perayaan utama dari festival ini yaitu Badi Diwali. Semua orang mempersembahkan pujian dan doa bagi Dewi Lakshmi untuk memberkati mereka dengan kekayaan dan kemakmuran.

Hari ke empat festival dari India ini ditujukan pada pemujaan terhadap Dewa Govardhan Parvat. Sedangkan hari ke lima, Diwali ditujukan bagi Bhai Dooj untuk menghormati hubungan persaudaraan laki-laki dengan perempuan. Meskipun demikian, perayaan festival Diwali tidak hanya dilakukan untuk memuja Dewi Lakshmi dan dewa-dewi lainnya yang telah disebutkan di atas.

Festival Diwali juga dirayakan untuk mengenang legenda Rama dan Sinta kembali ke kerajaan Rama setelah 14 tahun dikucilkan ke Ayodha. Ketika itu Rama kembali setelah mengalahkan Raja Rahwana yang telah menangkap Sinta.

Baca Juga: Video Skor Chelsea vs Roma 3-3 Hasil Liga Champion 2017 Drama Sengit Stamford Bridge!

Jadi, inti perayaan Diwali adalah merayakan kemenangan kebaikan melawan kejahatan dan cahaya yang dapat menghapus kegelapan dunia. Berbagai macam warna-warni kembang api menghias langit malam India. Tidak hanya warga India, sebagian besar penduduk di seluruh dunia pun merayakan festival cahaya atau yang lebih dikenal dengan nama Diwali. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply