Penyelamatan Remaja di Gua, Bos SpaceX, Elon Musk Ikut Masuk

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Kabar duka datang dari mantan penyelam Angkatan Laut (SEAL) Thailand yang bergabung dalam operasi penyelamatan 12 remaja dan pelatihnya yang terjebak dalam sebuah gua di Thailand Utara akhirnya meninggal karena kehabisan oksigen. AL Thailand menyatakan veteran penyelam tersebut meninggal Jumat 6 Juli 2018 sekitar pukul 2.00 pagi saat akan kembali ke pusat komando sekitar dua kilometer di dalam gua.

Kematiannya mempertegas risiko dan bahaya operasi penyelamatan bagi anggota tim operasi. Juga menimbulkan pertanyaan soal kemungkinan membawa ke-12 remaja dengan selamat. Operasi penyelamatan besar-besaran digelar di Gua Tham Luang Nang Non, Provinsi Chiang Rai, Thailand Utara di mana 12 remaja anggota tim sepak bola ‘Wild Boars’ terjebak bersama pelatihnya sejak 23 Juni 2018. Pejabat mengatakan tidak akan mengeluarkan ketiga belas orang tersebut bersamaan. Semuanya tergantung kepada kesehatan tim sepak bola tersebut.

Para pejabat Thailand mengindikasikan hujan lebat masih akan terus mengguyur sepanjang pada akhir pekan ini yang mungkin memaksa mereka untuk melakukan penyelamatan dengan menyelam. Bos SpaceX Elon Musk mengatakan dirinya sedang berada di Thailand bersama prototipe kapal selam mini untuk menyelamatkan lima remaja yang masih terjebak di gua Thailand.

Lewat akun Twitter-nya Musk mengatakan dirinya tengah berada di Gua Tham Luang Nan Non. Kapal selam mini siap jika diperlukan. Ini terbuat dari bagian roket dan dinamakan Wild Boar, seperti nama tim sepak bola anak-anak itu. Kapal selam itu juga akan ditinggalkan di Thailand, berjaga-jaga mana kala dibutuhkan.

Lewat akun Instagramnya, Musk mengunggah video gua yang digenangi air bersama tim penyelamat. Gua Tiga terletak dua kilometer dari pintu masuk gua dan menjadi basis tim penyelamat Thailand. Dari situ, masih dua kilometer lagi ke arah para remaja yang akan diselamatkan, di titik yang sangat sulit untuk diakses.

Baca Juga: Kebakaran 40 Kapal Hebat di Benoa, Kerugian Lebih Rp125 miliar!

Meski telah ditawarkan Musk, belum ada indikasi tim penyelamat Thailand akan menggunakan kapal selam mini itu. Hingga Senin malam, para penyelam elit berhasil mengeluarkan delapan remaja, tim sepak bola yang pada awalnya terdiri atas 12 remaja beserta pelatihnya yang berusia 25 tahun. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply