Jerinx ‘SID’ Beberkan Dosa Lain Penyanyi Via Vallen, Tak Cuma Duit!

0
J CumaBerita.com, Jakarta. Jerinx Superman Is Dead (SID) memberi teguran secara tertulis pada Via Vallen melalui akun Instagramnya. Penabuh drum band punk rock asal Bali Superman is Dead, Jerinx, beberapa jam yang lalu mengunggah foto di akun Instagram-nya dengan tema pelanggaran hak cipta musik.

Dalam unggahannya itu, musisi bernama asli I Gede Ari Astina itu menyindir penyanyi yang disebutnya dengan inisal VV yang pernah menyanyikan dan mengedarkan rekaman lagu milik Superman is Dead berjudul Sunset di Tanah Anarki. VV disebut Jerinx menyanyikan lagu gubahannya bersama dua rekannya yang lain, Eka Rocks dan Bobby Kool, tanpa pernah meminta izin atau membayar royalti. Jangankan soal restu dan duit, VV juga disebut gagal memaknai makna lagu bertema Gerakan Melawan Lupa itu.

Jerinx lanjut menulis bahwa seorang musisi yang memiliki banyak penggemar bisa menjadi contoh yang baik, seperti menularkan pesan pelurusan sejarah sampai kelestarian lingkungan.

Bahkan Jerinx tak ragu menyebut bahwa menjadi contoh yang baik tidak perlu sampai keluar banyak biaya. Di akhir kalimat foto yang diunggahnya, Jerinx berpesan kalau album terbaru mereka lebih baik disimak dengan sesadar-sadarnya, karena ada makna penting di balik setiap lirik yang mereka gubah.

Jerinx tidak mengelak bahwa karya Superman is Dead menginspirasi setiap musisi yang mungkin membawakan lagu mereka tanpa izin di luar sorotan publikasi seperti VV, namun Jerinx berharap musisi tersebut mampu lebih bijak dalam memahami makna lagu serta urusan hak cipta.

Baca Juga: Video 3 Orang Tewas Tertabrak Kereta Api, Nonton Drama Surabaya Membara

Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menyatakan bahwa hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberi izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hingga saat ini belum diketahui mengenai komentar balasan dari penyanyi berinisial VV yang disebut Jerinx. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply