Kontroversi Karl Lagerfeld Desainer Chanel Tutup Usia

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Karl Lagerfeld benar-benar rehat untuk selamanya dari dunia mode pada hari Selasa 19 Februari 2019 di sebuah rumah sakit di Paris, Prancis. Semasa hidup, Lagerfeld kerap dikenal sebagai sosok yang begitu ikonik. Selain gayanya yang selalu tampil eksentrik, Karl Lagerfeld juga sosok yang tak henti-hentinya menciptakan kontroversi.

Kontroversi itu muncul berkat selorohnya yang tajam, baik pada pelaku mode, selebriti, hingga politisi sekalipun. Rumah mode Chanel seolah jadi ‘senjata’ Lagerfeld untuk melancarkan kontroversinya. Revolusi Chanel, Chanel pernah mengalami masa stagnan selepas kepergian sang pendiri Coco Chanel. Namun, berkat Lagerfeld, Chanel yang sekarang ‘bukan lagi’ Chanel yang dulu. Lagerfeld membawa banyak perubahan drastis pada rumah mode ini. Lagerfeld bergabung bersama Chanel pada sekitar 1980-an. Sarung tangan yang tidak menutupi jari (fingerless glove) membuatnya dilirik kritikus fesyen. Chanel yang elegan disulapnya menjadi agak ‘liar’.

Eksperimen dengan bahan kulit dan rantai membuat desainer angkatannya, Yves Saint Laurent, mengeluarkan penolakan keras. Menurutnya, Chanel berubah menjadi label fesyen yang ‘menakutkan dan sadomasokis’. Mengolok model, peragaan busana tak bisa lepas dari peran serta model. Dan, model tak bisa lepas dari olokan sang desainer. Bahkan, dalam sebuah wawancara dengan majalah Prancis, Numero, Lagerfeld sempat menghina model dengan sebutan ‘bodoh’, ‘racun’, dan ‘makhluk kotor’.

Sontak pernyataannya itu membuat Sara Ziff, pendiri agensi model Model Alliance geram. Sara Ziff menyebut Lagerfeld melakukan pelecehan dan menyalahgunakan dunia fesyen. Politisi dan selebriti tak lepas dari sasaran, tak hanya model, Lagerfeld pun tak segan melemparkan komentar pedas pada politisi dan selebriti.

Kanselir Jerman Angela Merkel pernah menjadi salah satu sasarannya. Lagerfeld melontarkan seloroh untuk Merkel mulai dari kritik soal banyaknya pencari suaka di Jerman hingga pakaian Merkel yang buruk. Selain itu, Lagerfeld juga pernah bercuap-cuap tentang Pippa Middleton.

Baca Juga: Fakta Sejarah Prabowo Kuasai Lahan 120 Ribu Hektare di Aceh

Sara Ziff membandingkan Pippa dengan sang kakak, Kate Middleton, yang dinilainya sempurna. Pertunjukan tak terlupakan, presentasi fesyen Chanel selalu dinanti. Bukan hal yang aneh, sebab Lagerfeld selalu memberikan kejutan di setiap pertunjukan. Tak hanya dari segi koleksi, tapi juga tata panggung. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply