Putri Arab Saudi Tertipu Rp 512 Miliar Beli Vila di Bali

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Lolowah binti Mohammed bin Abdullah Al Saud, Putri Kerajaan Arab Saudi menjadi korban penipuan jual beli vila di Bali. Tersangka berinisial EMC alias EAH alias Evie diduga telah merugikan Lolowah senilai Rp 512 miliar.

Dugaan penipuan itu berlangsung pada 27 April 2011 hingga 16 September 2018. Dalam rentang waktu tersebut, Lolowah mengirimkan uang sebesar USD 36 juta atau sekitar Rp 505 miliar kepada Evie. Uang tersebut ditujukan untuk investasi pembelian tanah dan pembangunan Villa Kama Amrita Tedja di Jalan Pura Dalem, Banjar Salam, Gianyar, Bali. Namun hingga 2018 ternyata pembangunan vila tersebut belum selesai. Bahkan, setelah dilakukan penilaian bangunan oleh Kantor Jasa Penilaian Publik diketahui bahwa nilai bangunan tidak sesuai dengan kesepakatan.

Dalam kesepakatan jual beli itu juga disebutkan bahwa tanah dan villa akan dibalik nama ke perusahaan PT Eastern Kayan. Namun, hingga 2019 ini aset tersebut belum juga dibalik nama ke perusahaan tersebut. Tak hanya soal vila, Evie juga menipu Lolowah dalam jual beli tanah seluas 1.600 meter persegi. Tanah tersebut terletak di Jalan Pantai Berawa, Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Bali.

Pelaku menawarkan lahan tersebut seolah-olah sedang dijual. Padahal, tanah itu tidak dijual oleh pemiliknya. Sesuai dengan laporan tersebut, tersangka dijerat dengan tindak pidana penipuan atau penggelapan sesuai dengan pasal 378 KUHP dan pasal 372 KUHP serta pasal 3 dan Pasal 4 undang- undang nomor 8/2010 tentang pemberantasan tindak pidana pencucian uang.

Lolowah binti Mohammed bin Abdullah Al Saud merupakan putri dari Raja Faisal bin Abdulaziz Al Saud. Princess Lolowah yang lahir tahun 1948 merupakan putri Raja Faisal dari istri keduanya, Effat Al-Thunayan. Kini usianya sudah 72 tahun. Princess Lolowah dikenal aktif terlibat dalam berbagai kegiatan sosial, dari pendidikan wanita hingga soal isu kesejahteraan.

Lolowah binti Mohammed bin Abdullah Al Saud menempuh pendidikan SMA-nya di Switzerland Finishing School. Princess Lolowah kemudian membantu ibunya, Ratu Effat dalam mengawasi Sekolah Dar Al-Hanan, Sekolah Menengah Swasta Pertama untuk Anak Perempuan di Kerajaan, Jeddah, Kerajaan Arab Saudi.

Baca Juga: Kobe Bryant Meninggal di Helikopter Teraman Kedua Dunia

Kerajaan Saudi kemudian mendirikan Universitas Effat. Dilihat dari halaman resmi kampus itu, Princess Lolowah menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pendiri & Dewan Pembina Universitas Effat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply