Parasite, Film Asia Pertama Peraih Film Terbaik Oscar

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Sutradara Bong Joon-ho siap berpesta usai Parasite kembali mencetak sejarah dalam ajang penghargaan Oscar 2020 dengan menjadi film pertama yang menang piala Best Foreign Language setelah berganti nama menjadi Best International Feature Film.

Bong mengatakan piala tersebut ditujukan kepada seluruh tim sinematografi hingga seluruh pemain seperti Song Kang-ho, Lee Sun-gyun, Park So-dam, Choi Woo-shik, Cho Yeo-jeong, dan Lee Jung-eun. Sutradara kelahiran 14 September 1969 itu juga meminta para aktor dan aktris Hollywood yang hadir di Dolby Theatre memberikan tepuk tangan apresiasi kepada para bintang Parasite. Bong Joon-ho juga berterima kasih kepada CJ Entertainment yang disebut membantunya memvisualisasikan gambaran serta gagasannya. Dalam kesempatan tersebut, Bong Joon-ho menunjukkan kebahagiaannya usai menerima piala Oscar.

Sebelumnya, raut kebahagiaan jelas terlihat ketika Parasite dinyatakan sebagai pemenang piala naskah terbaik (Best Original Screenplay). Bong Joon-ho terlihat beberapa kali melihat piala emas di tangannya sambil tersenyum bangga. Parasite kembali mencetak sejarah dalam Oscar 2020 dengan menjadi film Asia pertama sekaligus film non-bahasa Inggris perdana yang menang film terbaik (Best Picture) dalam ajang Oscar.

Para aktor dan aktris Hollywood yang hadir dalam ajang penghargaan film tertinggi di Amerika ini langsung memberikan standing ovation kepada sutradara Bong Joon-ho dan seluruh pemain film Parasite. Dalam Oscar 2020, Parasite membawa pulang empat piala yakni Best Picture, Best Original Screenplay, Best International Feature dan Best Director.

Parasite merupakan film satire yang menggambarkan kesenjangan sosial dan ekonomi dua keluarga, Park dan Kim. Secara perlahan, satu per satu anggota keluarga Kim bekerja di kediaman Park. Hubungan keluarga Park dan Kim berkembang secara kompleks dan saling membahayakan. Meski demikian, Bong Joon-ho tak lupa menambahkan unsur humor dalam film tersebut.

Sebelum Oscar, Parasite juga mengantongi banyak penghargaan meraih empat nominasi dalam ajang Golden Globe Awards ke-77 dan berhasil menyabet piala Film Berbahasa Asing Terbaik. Di ajang British Academy of Film and Television Arts (BAFTA), Parasite mengantongi empat nominasi dan membawa pulang dua piala, yaitu kategori Original Screenplay dan Film Not In The English Language.

Baca Juga: Daftar Pemenang Piala Oscar 2020

Parasite juga menjadi film non-bahasa Inggris pertama yang memenangkan Screen Actors Guild Award untuk Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply