Didi Kempot Meninggal Dunia, Apa itu Code Blue?

0
D CumaBerita.com, Jakarta. Kabar duka datang dari penyanyi Didi Kempot yang meninggal dunia pada Selasa, 5 Mei 2020. Didi Kempot dikabarkan tiba di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo, Jawa Tengah, dalam keadaan henti jantung.

Sementara terkonfirmasi bahwa Didi Kempot datang dalam keadaan henti jantung, platform media sosial ramai mengaitkan kepergian penyanyi campursari itu dengan istilah ‘code blue’. Meski belum terkonfirmasi secara resmi oleh pihak rumah sakit, istilah ‘code blue’ pun membuat netizen penasaran. Apa itu ‘code blue’ atau ‘kode biru’? Code blue adalah kode yang digunakan rumah sakit untuk memberi tahu keadaan darurat medis yang dialami seorang pasien di rumah sakit. Kondisi darurat medis yang terjadi meliput henti jantung seperti serangan jantung, henti pernapasan, tanda-tanda stroke, dan penurunan tekanan darah yang tiba-tiba dan parah. Henti jantung atau cardiac arrest berarti kondisi yang membuat jantung berhenti memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh tak menerima pasokan darah. Ahli kardiologi menjelaskan, code blue adalah kondisi yang sangat darurat.

Code blue untuk semua cardiac arrest, untuk henti jantung. Sangat darurat, code blue berarti darurat di ruang perawatan atau di RS. Kode ini disiarkan ke seluruh rumah sakit untuk memberi tahu seluruh petugas medis mulai dari dokter, perawat, terapis, hingga apoteker. Code blue dapat diumumkan melalui alarm, telepon, atau pesan singkat.

Seluruh petugas wajib bergerak menuju lokasi untuk menangani pasien dengan kondisi darurat tersebut. Dokter lalu akan menangani pasien dengan melakukan sejumlah tindakan untuk menyelamatkan kondisi pasien.

Baca Juga: Video Ferdian Paleka YouTuber “Prank” Bagi Sembako Berisi Batu

Selain code blue juga terdapat kode lainnya, seperti code red yang menunjukkan kebakaran dan code black untuk menunjukkan keberadaan ancaman bom. Didi Kempot akan dimakamkan hari ini di Ngawi, Jawa Timur. Dekat dengan makam kakak kandung Didi yang juga anggota Srimulat yakni almarhum Mamiek Prakoso. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply