Kini TikTok Menguasai Industri Musik

0
K CumaBerita.com, Jakarta. TikTok menjadi aplikasi paling banyak diunduh di seluruh dunia. Dengan begitu, TikTok berhasil mengalahkan Facebook dan Instagram yang berada di posisi kedua dan ketiga. Kelebihan lain dari aplikasi video sharing ini tampaknya berangkat dari keterbukaannya terhadap siapapun penggunanya.

Jika Anda anak muda, tak perlu heran melihat ayah dan ibu yang sedang santai membuka aplikasi TikTok. TikTok menjangkau seluruh generasi dari berbagai usia, ras, maupun seksualitas. Sehingga, kecanggihan algoritma TikTok menjadi poin krusial dalam menyajikan konten berdasarkan preferensi tiap pengguna. Musik selalu menjadi bagian penting dari TikTok. Kekuatan musik dalam TikTok bahkan diakui oleh berbagai music marketer di luar negeri. Kuasa TikTok berlanjut dengan karya musik lainnya di kemudian hari. Seperti rilisan Justin Bieber berjudul Yummy yang viral di awal 2020 berkat #YummyChallenge. Begitu pula dengan lagu lain seperti The Box milik Roddy Rich dan Say So milik rapper pendatang baru Doja Cat. Berkat video-video challenge yang viral di TikTok, mereka mampu meraih posisi teratas di tangga lagu Billboard Hot 100 di Amerika Serikat.

Kesuksesan yang sama juga diraih oleh musisi populer lain seperti The Weeknd dan Dua Lipa. Uniknya, TikTok juga mampu membangunkan kembali lagu hits lawas. Seperti lagu Love Story oleh Taylor Swift yang dirilis pada 2008. Lagu yang menjadi hits di masanya, kini pun kembali populer.

Hal ini berkat berbagai video viral TikTok yang menggunakan versi remix dari lagu tersebut. Lantas, lagu versi aslinya pun kembali duduk manis di berbagai tangga lagu music streaming. Di Indonesia, industri musiknya juga tak luput dari pengaruh besar TikTok. Bahkan lagu lawas seperti Bagaikan Langit oleh Potret berhasil menembus luar negeri. Hal ini disebabkan oleh adanya challenge dengan menggunakan backsound lagu tersebut yang telah di-remix.

Bahkan challenge lagu itu juga dipraktikkan oleh musisi dunia papan atas, yakni Jennifer Lopez dan Ne-Yo. Adapun beberapa hits lain yang mencuat berkat TikTok, pada Juni lalu, lagu Rossa berjudul Hati Yang Kau Sakiti kembali populer, juga karya Weird Genius dan Sara Fajira berjudul Lathi yang populer berkat challenge make-up di TikTok berjudul #LathiChallenge.

Baca Juga: Cara Hindari Pembobol Rekening Lewat Nomor HP Yang Sudah Mati

Selain itu, musik dangdut juga kerap menjadi lagu hits berkat TikTok. Salah satu yang paling populer adalah lagu berjudul Siapa Benar, Siapa Salah oleh Happy Asmara. Melihat kekuatan tersebut, musisi pun mulai memaksimalkan platform TikTok sebagai media promosi rilisan karya mereka. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply