Reaksi Pria Muslim Tak Sadar Makan Mie Babi Sampai Habis

0
R CumaBerita.com, Jakarta. Ada yang menarik saat seorang pria tengah asyik menikmati mie di sebuah restoran. Saat mienya habis, ia baru sadar bahwa mie tersebut mengandung babi. Bagi umat muslim haram hukumnya mengonsumsi daging babi. Larangan tersebut sudah tercatat di dalam Al-Qur’an. Karenanya harus berhati-hati sebelum memilih makanan di sebuah restoran.

Terkadang ada yang tak sengaja makan babi karena ketidaktahuannya. Seperti yang dialami oleh seorang pria yang satu ini. Ia membagikan pengalamannya lewat video TikTok @azedmi. Dalam video tersebut memperlihatkan dirinya bersama sang kekasih dan adiknya sedang makan mie di restoran. Ia juga memperlihatkan mangkuk-mangkuk mie yang sudah habis disantap. Setelah makanannya habis, tiba-tiba saja ia ingin mengecek ulasan restoran tempat ia makan di Google. Betapa terkejut dirinya saat mengetahui ternyata mie yang dimakan mengandung babi. Alasan yang tiba-tiba mengecek ulasan di Google karena menurutnya rasanya ada sedikit aneh. Oleh karenanya ia mengecek ulasan setelah makanan habis. “Kita cek review di Google karena sebenarnya curiga. Awalnya sih makan dagingnya rasanya daging biasa aja. Tapi lama-lama kta ngerasa beda pas udah mau habis,” ujar Azedmi.

Jika melihat dari restorannya, Azedmi menyebutkan tidak ada yang mencurigakan. Sebab, ia menceritakan bahwa di restoran tersebut ada pengunjung yang mengenakan jilbab dan karyawannya juga muslim. Dan benar saja, ketika melihat ulasan di Google ada user yang menyebutkan bahwa mie di restoran tersebut adalah mie babi terbaik di Jakarta Utara. Sontak Azedmi pun terkejut. “Pas tau itu babi, lebih ke ngakak aja sih.

Gak mau terlalu dibawa serius. Dan gak mau nyudutin pihak manapun. Soalnya emang kelalaian kita mau gimana pun juga. Dan lebih ke hati-hati kedepannya,” ujarnya. Video tersebut pun menjadi viral dan mengundang komentar netizen. Banyak netizen yang ikut terkejut dan menceritakan pengalaman serupa. Tak sedikit juga netizen yang mempertanyaan hukum tak sengaja makan babi dalam Islam.

Baca Juga: Celine Evangelista dan Stefan William Resmi Bercerai

Hal ini telah dijelaskan dalam Al-Qur’an Surah Al Baqarah ayat 173. “Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (QS Al Baqarah:173). Pada ayat tersebut berlaku bagi orang yang makan daging babi karena tidak tahu, tidak sengaja atau lupa. Allah tidak menuntut mereka yang tak sengaja untuk bertaubat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply