Presiden Jokowi Berkemah di IKN, Satu Tenda Bareng Iriana di Tengah Hutan

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Sejak pagi hingga siang hari Jokowi bersama 34 gubernur dari seluruh provinsi disibukkan dengan prosesi adat Kendi Nusantara. Setiap air dan tanah yang dibawa kepala daerah dari wilayahnya masing-masing disatukan dalam wadah khusus.

Setelahnya Jokowi dan sejumlah pejabat negara pun beranjak ke lokasi perkemahan mereka di kawasan inti IKN tersebut. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi persemaian pohon di kawasan Bukit Bangkirai, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Senin 14 Maret 2022 petang. Rombongan kepala negara itu terlihat meninggalkan area titik nol ibu kota negara (IKN) yang akan bernama Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, sekitar pukul 16.00 WITA. Berdasarkan informasi dari Pemprov Kaltim, perjalanan ke kawasan Bukit Bangkirai itu dilakukan mendadak. Pasalnya, berdasarkan agenda dari Protokol Sekretariat Kepresidenan seharusnya kegiatan Jokowi pada petang hingga malam ini adalah di lokasi perkemahan, kawasan inti IKN.

Setelah dari Bukit Bangkirai, Presiden Jokowi kembali ke Sepaku untuk berkemah di kawasan inti IKN bersama. Pemindahan IKN dari DKI Jakarta di Pulau Jawa ke Kalimantan Timur telah diatur dalam UU 3/2022 yang diundangkan pada 15 Februari lalu. Dalam lampiran beleid tersebut dinyatakan progres pembangunan IKN akan berlangsung setidaknya dalam tiga fase, di mana yang pertama adalah sampai 2024. Targetnya pada 2024, Presiden Jokowi sudah pindah ke sana dan melaksanakan upacara Proklamasi RI di IKN.

Kepindahan ibu kota dari DKI ke Kaltim itu diatur lewat Keputusan Presiden, di mana bila belum terbit maka ibu kota masih di Jakarta. Merujuk pada UU 3/2022 tentang IKN, kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) akan berada di wilayah yang saat ini masih dikenal sebagai Kecamatan Sepaku. Kemudian untuk pengembangan wilayah atau perluasannya akan memakan sejumlah kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Baca Juga: Foto Romantis Presiden Jokowi Bersama Iriana Bergandengan Tangan di Tengah Hutan

Presiden Joko Widodo akan berkemah di lokasi ibu kota negara (IKN) baru. Jokowi akan tidur di tengah hutan menggunakan tenda. Dalam foto yang dikonfirmasi Sekretariat Presiden, Jokowi telah mendirikan tenda berwarna putih. Tenda didirikan di antara pepohonan tinggi di hutan Kalimantan. Presiden Jokowi akan tidur di tenda itu malam ini. Ibu Negara Iriana akan menemani Jokowi bermalam di tengah hutan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply