Video Foto Gambar Perayaan Cap Go Meh 2016 di Glodok Jakarta

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Festival Pecinan 2016 sukses digelar di sepanjang Jl Pancoran, Kelurahan Glodok, Tamansari. Kegiatan dilaksanakan Pemko Jakarta Barat bekerjasama dengan Komunitas China Town Art Culture di kawasan Glodok dalam rangka memeriahkan perayan Imlek dan Cap Go Meh. Festival Pecinan digelar sebagai upaya menggali dan mengangkat kawasan Pecinan Glodok.

Di mana wilayah tersebut terdapat keragaman budaya dan adat istiadat Thionghoa yang sangat menonjol. Yang menarik dari Pecinan Jakarta saat perayaan Cap Go Meh adalah pengunjung bisa menikmati bangunan tua, tradisi hingga kuliner khas Tionghoa. Glodok merupakan salah satu kawasan tua di Ibukota dan disebut sebagai pecinan terbesar di Tanah Air.

Selain ada tiga vihara tua di daerah ini, banyak pula bangunan tua bercorak oriental masih bertahan, seperti Toko Obat Lay An Tong, Rumah Keluarga Souw, Toko Gloria dan lainnya. Kawasan Glodok kini menjadi salah satu roda perekonomian Jakarta sebagai sentra penjualan elektronik terbesar Indonesia.

Baca Juga: Jadwal Hasil Lengkap Bali Island Cup 2016 Live di NET TV

Hari Raya Cap Go Meh sendiri atau dinamai Yuan Xiaojie jatuh setiap tanggal 15 bulan pertama tahun Imlek. Awalnya perayaan Cap Go Meh dilakukan tahun 180 SM oleh Kaisar Hanwudi dari Dinasti Han Barat yang naik takhta pada tanggal 15 bulan pertama Imlek. Sejak tahun 104 SM, Cap Go Meh resmi dicantumkan sebagai hari raya nasional negeri Tiongkok. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply