Foto Gambar Wajah Mbah Maridjan di Atas Bongkahan Batu di Yogyakarta

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Raden Ngabehi Surakso Hargo atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah Maridjan adalah seorang juru kunci Gunung Merapi. Amanah sebagai juru kunci ini diperoleh dari Sri Sultan Hamengkubuwana IX. Setiap gunung Merapi akan meletus, warga setempat selalu menunggu komando darinya untuk mengungsi.

Mbah Maridjan mulai menjabat sebagai wakil juru kunci pada tahun 1970. Sejak kejadian Gunung Merapi akan meletus tahun 2006, Mbah Maridjan semakin terkenal. Pada tanggal 26 Oktober 2010, gunung Merapi kembali meletus disertai awan panas setinggi 1,5 kilometer. Gulungan awan panas tersebut meluncur turun melewati kawasan tempat mbah Maridjan bermukim.

Jasad Mbah Maridjan ditemukan beberapa jam kemudian oleh tim SAR bersama dengan 16 orang lainnya telah meninggal dunia. Almarhum Mbah Maridjan mendapat penghargaan Anugerah Budaya 2011 dari Pemerintahan Provinsi DIY, dalam kategori pelestari adat dan tradisi. Ada yang menarik di objek wisata Batu Alien.

Baca Juga: Tragedi Klub Chapecoense Kecelakaan Pesawat Brasil Tetapkan Tiga Hari Berkabung Nasional

Konon wajah yang berada di atas batu itu Mbah Maridjan. Batu Alien berada di Desa Kepuharjo, Yogyakarta. Ada ukiran wajah manusia yang sedang menghadap ke atas dengan mulut yang menganga. Masyarakat setempat meyakini bahwa batu ini keluar dari perut Gunung Merapi. Tidak begitu saja keluar, batu ini keluar tepat 7 hari setelah kematian Mbah Maridjan, juru kunci Gunung Merapi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply