Asal Usul dan Arti Om Telolet Om Meski Mendunia Banyak yang Belum Paham

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Banyak yang masih penasaran dengan arti Om telolet Om. Banyak netizen yang bertanya demikian sejak kalimat tersebut menjadi trending topic di media dunia maya. Misalnya yang ditanyakan oleh duo DJ asal Amerika Serikat, The Chainsmokers. Ketua Bismania Community punya jawabannya. Bunyi telolet yang merepresentasikan klakson bus justru muncul pertama kali bukan di Indonesia, melainkan Timur Tengah.

Bunyi itu digunakan untuk mengusir unta yang kerap berada di jalanan. Kemudian ada seorang pengusaha yang mendengar bunyi khas tersebut dan membawa pulang ke Indonesia untuk digunakan sebagai klakson bus. Kata telolet menjadi viral baru sekitar dua tahun belakangan ini dan dipopulerkan justru oleh anak-anak sekolah.

Sebelumnya mereka tidak menyebut kata telolet untuk meminta sopir membunyikan klakson. Di kalangan pecinta bus sendiri, kata tersebut juga sebelumnya tidak terlalu populer dibanding bunyi lainnya. Tidak salah sebenarnya pesohor dunia itu bertanya tentang makna Om Telolet Om karena orang Indonesia sendiri banyak yang juga tidak paham maknanya.

Baca Juga: Video Skor Barcelona vs Hercules 7-0 Hasil Copa del Rey Arda Turan Hattrick

Awal dari kalimat yang mirip bahasa asing itu adalah kebiasaan anak-anak di wilayah Jawa Tengah merekam bunyi klakson bus yang unik dan panjang. Mereka biasanya berdiri di pinggir jalan sembari membawa ponsel dan berteriak pada bus yang lewat agar supirnya membunyikan klakson atau telolet dalam bahasa sehari-hari mereka. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply